Berita AS

Inilah Rancangan Resolusi PBB Untuk Memutus Aliran Dana ISIS

AS – Rusia Merancang Resolusi PBB Untuk Memutus Aliran Dana ISIS

 

Setiap individu atau kelompok, kesatuan, atau upaya yang mendukung kelompok ini atau cabang-cabangnya akan mendapat sanksi PBB, yang mencakup pembekuan aset, larangan melakukan perjalanan maupun embargo senjata, demikian menurut resolusi yang masih dalam rancangan.

Kelompok ekstrim ISIS yang menjalankan kekuasaanya dengan cara teror itu diduga memiliki kekayaan yang melimpah.

Islam-Institute, NEW YORK – Menteri Keuangan dari 15 negara di Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan menerima sebuah resolusi PBB. Resolusi tersebut akan diarahkan untuk memutus aliran dana bagi kelompok militan ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah).

BACA :  Mau Cepat Kaya, Ikuti Sayembara WikiLeaks Berhadiah 110 Ribu USD !

Rancangan resolusi itu didasarkan atas dokumen yang sudah disahkan pada tahun 1999 dengan sasaran kelompok jihadis al-Qaeda. Akan tetapi, apakah Resolusi PBB ini akan berjalan efektif melumpuhkan ISIS mengingat kelompok al-Qaeda juga masih eksis sampai sat ini?

banner gif 160 600 b - Inilah Rancangan Resolusi PBB Untuk Memutus Aliran Dana ISIS

Lewat resolusi PBB ini, negara-negara didesak agar “bergerak dengan penuh semangat dan meyakinkan untuk memutus aliran dana” ke ISIS, antara lain dengan mencegah penyelundupan minyak dan barang-barang antik hasil curian di Suriah dan Irak.

BACA :  Arab Saudi Negara Paling 'Dermawan' Kepada Obama

Kelompok ekstrim ISIS yang menjalankan kekuasaanya dengan cara teror itu diduga memiliki kekayaan yang melimpah. Dugaan ini berdasar pada sebuah studi yang memperkirakan pemasukan dana ISIS setiap bulan mencapai 80 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Pertemuan puncak para menteri keuangan negara anggota Dewan Keamanan di New York, Kamis (17/12/2015) merupakan yang pertama kali berlangsung sepanjang sejarah 70 tahunnya.

BACA :  Idul Fitri Jadi Hari Libur di New York - Amerika Serikat

Rancangan Resolusi PBB yang disusun Amerika Serikat dan Rusia ini diharapkan akan disetujui secara bulat. Resolusi ini akan memberi nama komite pengawas sebagai “Komite Saksi Isil (Daesh) dan al-Qaeda”.

Setiap individu atau kelompok, kesatuan, atau upaya yang mendukung kelompok ini atau cabang-cabangnya akan mendapat sanksi PBB, yang mencakup pembekuan aset, larangan melakukan perjalanan maupun embargo senjata, demikian menurut resolusi yang masih dalam rancangan.  (AL/Sfa)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker