Opini Inspiratif

Iblis Menolak Ziarah Kubur ke Makam Nabi Adam

Menolak ziarah kubur – Ada tokoh Wahabi di Madinah yang merasa bangga karena selama 25 tahun hidup di Madinah. Dan selama itu pula tak sekalipun melakukannya, dia menolak ziarah kubur ke makam Rasulullah Saw. Padahal banyak umat Islam Indonesia yang tinggal ribuan kilometer dari Madinah rindu ingin melihat dan menyentuh makam Nabi Saw. Sampai nangis-nangis mereka minta kepada Allah agar dimudahkan melakukan ziarah kubur ke makam Nabi Muhammad saw.

Bangganya tokoh Wahabi tersebut mungkin karena dia merasa terbebas dari kesyirikan ziarah kubur. Padahal ziarah kubur itu Sunnah Nabi, jelas bukan syirik. Hanya orang-orang yang sombong yang menolak ziarah kubur dengan alasan macam-macam. Terkadang ada di antara mereka mengakui ziarah kubur adalah Sunnah, tetapi tetap saja mereka tidak mau melakukannya. Mereka tetap menolak ziarah kubur. Ada apa sebenarnya dengan mereka, siapa yang diikuti mereka?

 

iblis2 - Iblis Menolak Ziarah Kubur ke Makam Nabi Adam

 

Menolak Ziarah Kubur Adalah Kesombongan Warisan Iblis

Alkisah pada suatu hari Iblis menjumpai Nabi Musa AS. Kemudian, dia berkata: Hai Musa ! Engkau adalah makhluk yang dipilih Allah menjadi Rasul dan pernah diajak dialog oleh-Nya. Sedangkan, aku adalah makhluk yang diciptakan Allah yang selalu berbuat dosa.dan maksiat. Aku ingin sekali bertaubat kepada-Nya. Oleh karena itu, tolonglah aku supaya taubat aku diterima oleh-Nya ! Jawab Nabi Musa: Baiklah kalau begitu aku akan usahakan.
Kemudian, Nabi Musa berdo’a kepada Allah supaya Allah mau menerima taubat Iblis. Lalu Allah memberi wahyu kepada Nabi Musa dan berkata: Hai Musa ! Sungguh aku kabulkan hajatmu (diterima taubatnya Iblis oleh Allah). Asalkan dia (Iblis) mau sujud (ziarah) ke makam Adam hingga aku terima taubatnya.

banner 2 2 - Iblis Menolak Ziarah Kubur ke Makam Nabi Adam

Kemudian, Nabi Musa menemui Iblis dan berkata: “Sesungguhnya aku diperintah Allah supaya engkau sujud ke makam Adam. Hingga diterima taubat engkau oleh-Nya”. Mendengar itu, langsung Iblis murka dan takabbur. Kata Iblis: “Aku yang masih hidup tidak akan pernah sudi sujud kepada Adam. Masa aku harus sujud kepada orang yang sudah mati.”

(Keterangan diambil dari kitab “Ithaf as-Sadat al-Muttaqin. Karya Sayyid Muhammad al-Husaini al-Zabidi, jilid 7 halaman 285, cetakan “Darul Fikr”, Beirut, Libanon)

Oleh : Kiai Thobary Syadzili
Sumber: KBAswaja – tema pembahasan Menolak Ziarah Kubur.

 

Simpan

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker