Opini Inspiratif

Hasil Rumusan Bahtsul Masail yang Misterius

Bahtsul Masail, pernahkah anda mendengar dua kata Bahtsul Masail ini. Bahtsul Masail adalah salah satu lembaga di NU yang membahas penetapan hukum syar’i. Bagi suatu permasalahan hukum syari’at yang muncul di tengah masyarakat. Tidak semua warga NU otomatis tahu tentang dua kata ini. Tetapi jika dia adalah warga NU yang gaul dengan sesama warga NU. Maka bisa dipastikan pernah dengar kata “Bahtsul Masail”, karena sedemikian populernya dua kata ini.

Walaupun tahu tentang adanya bahtsul masail. Apakah anda juga tahu hasil penetapan hukum dari Bahtsul masail yang diadakan secara rutin di NU? Kebanyakan kita tidak tahu, karena tidak ada buku dari hasil Bahtsul Masail dijual di toko buku. Sehingga hal ini terkesan misterius. Padahal produk hukum dari Bahtsul Masail ini sangat penting dan diperlukan oleh Umat Islam. Langkanya produk hukum syar’i yang dihasilkan oleh Bahtsul Masail disebabkan kurangnya publikasi.

Di zaman ‘seraba online’ ini sebenarnya sangat mudah untuk mempublikasikan segala hal, termasuk produk hukum syar’i dari Bahtsul Masail. Langkahnya sangat mudah, terbitkan saja ke media sosial. Atau juga bisa diterbitkan secara serentak di jaringan website Aswaja yang jumlahnya sudah cukup banyak. Di bawah postingan bisa ditambahkan himbauan kepada pembaca: “Mohon diprint untuk ditempel di musholla dan masjid di lingkungan anda”.

Nantinya biarkan Umat Islam yang peduli akan mengeprint untuk kemudian disebarkan ke Musholla dan masjid di lingkungannya. Maka akan beres masalah publikasi hasil Bahtsul Masail NU ini.

BACA JUGA:  Mengenal Karakter Pemikiran NU yang Dinamis

Di bawah ini adalah artikel dari mahasiswa Unhasy, bernama Ari Setiawan yang mempertanyakan hasil rumnusan Bahtsul Masail NU. Kemana produk hukum Bahtsul Masil itu sehingga sulit ditemukan di tengah masyarakat. Yuk, kita ikuti tulisannya berikut ini….

 

bahtsul - Hasil Rumusan Bahtsul Masail yang Misterius

 

Mempertanyakan Hasil Rumusan Bahtsul Masail

Bahtsul Masail (BM) adalah sebuah tradisi intelektual di kalangan pesantren. Maupun di kalangan NU, salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia. BM adalah salah satu dari beberapa metode penggalian dan pengambilan hukum (istinbath) untuk memecahkan beberapa masalah. Baik berupa masalah Waqi’iyah maupun Maudhui’yyah.

Fikih adalah salah satu cabang keilmuan yang selalu ditantang dan disibukan dengan persoalan-persoalan yang rumit dan problem yang selalu berkembang. Karena faktor tempat dan waktu juga mempengaruhi produk penggalian hukum ini. Masalah-masalah baru selalu bermunculan, dan jelas permasalahan ini harus terselesaikan dan terjawab oleh fikih. Produk hukum Fikih tak jarang sering berubah-ubah kadar hukumnya sesuai arus zaman yang ada. Walaupun pada esensinya kitab-kitab kuning terkhusus pada varian fikih ini tak akan pernah sirna digerus oleh zaman.

BM sebagai salah satu metode penggalian hukum yang dimiliki oleh Pesantren yang diayomi oleh Organisasi Kemasyarakatan NU. Walaupun ada juga tradisi intelektual yang mirip dimiliki oleh ormas lain. Sebut saja Muhammadiyah memiliki tradisi penggalian hukum dengan nama Majelis Tarjih Muhammadiyah. Bisa disebut serupa tapi tak sama. Keduanya sama-sama memiliki kesamaan dalam memecahkan permasalahan di masyarakat, hanya saja metode yang digunakan berbeda.

 

BACA JUGA:  Mahrus Ali Korban Ambisi Infiltrasi Jaringan Wahabi di Indonesia

Hasil dari Bahtsul Masail memaksakan hukum?

Bahtsul Masail seringkali menjadi rujukan serta pertimbangan  hukum ketika permasalahan-permasalahan kontemporer muncul. Sehingga mau tidak mau literatur yang dipakai sebagai hujjah (landasan) harus mengikuti. Dan hasilnya terkesan memaksakan hukum yang berseberangan dengan realitas yang ada di tengah masyarakat.

Contoh saja tentang bunga bank. Yang jelas banyak kumpulan fatwa-fatwa dan hujjah yang terdapat dalam buku kumpulan BM jelas mengharamkan transaksi seperti ini. Namun yang terjadi di masyarakat bahwa masih saja banyak yang menggunakan jasa Bank konvensional untuk menabung. Dan melakukan transaksi Muamalah. Hal ini apakah tidak sama halnya produk hukum Bahtsul Masail tidak laku?

Contoh lain seperti masalah yang pernah dibahas pada forum BM ini. Tentang hukum penggunaan Facebook, Twitter, dan jejaring sosial media lainnya. Dan keharaman bagi laki-laki maupun perempuan berkomunikasi dan menampilkan aurat dalam dunia maya dan lain sebagainya.

Dengan adanya fatwa tersebut, mayoritas masyarakat kita acuh tak acuh dan tak mempengaruhi meminimalisir kegiatan tersebut. Kalaupun ada pengaruhnya itu pun kecil. Karena banyak di antara mereka berpikiran bahwa fatwa tersebut mambatasi eksistensi dan hak asasi. Tentu hal ini perlu disikapi oleh para aktifis BM agar produk hukum yang susah payah di buat. Tidak hanya “menumpuk” dalam lembaran-lembaran kertas maupun buku.

Hasil rumusan Bahtsul Masail kemana dipublikasikan?

Peran BM ini, seakan-akan mulai dipertanyakan tentang hasil produknya. Banyak masalah-masalah yang terpecahkan di forum ini. Namun tidak dimasyarakatkan hasilnya. Hanya kalangan-kalangan tertentu yang menikmati produk hukum ini. Sebut saja pesantren dan Badan-badan otonom NU. Padahal masyarakat luas sangat membutuhkan rujukan atau fatwa hukum terkait problem-problem kontemporer yang terus bermunculan.

Sudah saatnya peran BM bukan hanya gemar berdiskusi dan mengkaji status hukum di dalam forum. Namun sosialisasi Produk hukum yang dihasilkan ke semua lapisan masyarakat seharusnya terus digerakkan dan selalu digalakkan. Hal ini agar masyarakat merasakan kontribusi dari BM ini. BM sangat dibutuhkan bahkan dianggap penting untuk menjadi salah satu metode menggali status hukum walaupun bukan satu-satunya cara. Tentu kalau hanya menggali hukum saja tanpa ada sebuah reaksi dan sosialisasi hasilnya. Tentu peran BM ini di pertanyakan. (waallahu a’lam bisshawab / tebuireng.org).

__________________________

Penulis: Ari Setiawan, saat ini tengah menempuh studi S1 di Unhasy, “Mempertanyakan Hasil Rumusan Bahtsul Masail”.

BACA JUGA:  Tidak Ngerti NU Akan Secara Gampang Menuduh NU Oportunistik

 

 

Simpan

Simpan

Simpan

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

1 thought on “Hasil Rumusan Bahtsul Masail yang Misterius”

  1. aku sangatt setuju dengan kalian , artikel yang manis jempol buat kamu gan, website juga bagus saya lihat moga moga ramaivisitor yaa baru kali ini saya lihat situs rapi itu janga lupa di naikan gan barangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker