Kesehatan

HAJI 2015 – Cuaca ekstrim Melebihi 50 Derajat Celsius

Haji 2015, Cuaca Ekstrim Melebihi 50 Derajat Celcius, Bisa Sebabkan Dehidrasi

Agar jamaah haji menjaga kondisi tubuh jangan sampai dehidrasi pada cuaca ekstrim yang sangat panas.

Islam-Institute.com, JAKARTA – Calon Jamaah haji Indonesia tahun 2015 ini akan menghadapi ujian berat karena Tanah Suci Makkah diperkirakan akan dilanda cuaca yang sangat ekstrim, melebihi 50 derajat celsius.

“Yang punya riwayat penyakit tertentu agar mulai treatment (pengobatan) agar fit pada saat ibadah haji,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai pembukaan pembekalan 806 petugas Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH), tadi malam.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Chaiirul. R Nasution menambahkan sebagian besar di antara calon jamaah haji Indonesia memiliki risiko kesehatan yang cukup tinggi.

banner 2 2 - HAJI 2015 - Cuaca ekstrim Melebihi 50 Derajat Celsius
Agar jamaah haji menjaga kondisi tubuh jangan sampai dehidrasi.

Berdasarkan data kesehatan jamaah haji sebelumnya, 10 diagnosis penyakit terbanyak yang diderita jemaah haji, antara lain yang berkaitan dengan darah tinggi, diabetes dan kelainan lemak darah.

Dia mengingatkan agar jamaah haji menjaga kondisi tubuh jangan sampai dehidrasi pada cuaca ekstrim yang sangat panas. Diperkirakan suhu udara di Arab Saudi pada musim haji bisa menembus angka 53 derajat celsius.

“Kondisi panas dan kelembapan rendah bisa menyebabkan dehidrasi karena banyak di antara mereka (jamaah) tidak merasa panas, tetapi sudah terjadi dehidrasi luar biasa,” katanya.

Pada tahun ini Indonesia akan memberangkatkan 168.800 calon haji dan 806 petugas PPIH yang berasal dari Kementerian Agama (500 orang) dan Kementerian Kesehatan (306 orang). Semoga mereka semunya diberi kekuatan lahir dan bathin dalam menghadapi cuaca ekstreem di musim haji tahun 2015 ini. (al/Kabar24.com)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker