Ulama Aswaja

Grand Syeikh Al-Azhar Dapat Gelar Doktor HC dari UIN Malang

UIN Malik Ibrahim Malang memberi gelar kehormatan Doktor HC pada Grand Syeikh Al-Azhar…

 

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang resmi menganugerahkan gelar doktor honoris causa kepada Grand Syeikh Al-Azhar, Ahmad Muhammad Ahmad At-Thayyib. Gelar akademik tersebut dikukuhkan dalam bidang pendidikan Islam interdisipliner.

Keputusan tersebut dituangkan dalam surat keputusan nomor UIN3/PPP009/687/2016. Gelaran pengukuhan sendiri dilangsungkan melalui rapat senat terbuka pada Rabu (24/2/2016) ini.

Dalam pidato pertanggungjawabannya, Alwi Shihab yang didaulat sebagai salah satu promotor menyampaikan sejumlah pertimbangan yang mendasari keputusan tersebut. Mantan menteri luar negeri ini menyatakan, At-Thayyib telah dikenal sebagai sosok yang khidmat dalam mengembangkan ajaran Islam yang moderat dan rahmatan lil alamin.

BACA JUGA:  Sejarah Presiden Indonesia: Gus Dur Lengser Karena Dikroyok Ramai-ramai

Saat ini, lanjutnya, dunia tengah dicekam oleh kecenderungan tindak kekerasan atas nama agama. “Namun di dalam masyarakat masih berkembang nilai-nilai toleransi,” lanjut Alwin. Legasinya dalam gagasan toleransi yang dinilai perlu ditiru oleh para pemuda Islam.

Gelar doktor kepada At-Thayyib diserahkan secara simbolis oleh Rektor UIN Maliki, Mudjia Rahardjo, melalui pengalungan gordon dan penyerahan ijazah.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bahwa penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Grand Syeikh Al-Azhar Ahmad At-Thayyib sangat diperlukan bagi Indonesia.

BACA JUGA:  Biografi KH Said Aqil Siradj MA yang Mengagumkan

“Bukan beliau, tapi kita yang membutuhkan gelar tersebut,” ujar Lukman dalam pidato dihadapan sidang senat terbuka Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Rabu (24/2/2016). “Karena Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia dan berupaya menyebarkan Islam yang rahmatan lil alamin,” jelasnya. Ia mengisahkan, sang syeikh yang menjabat sejak tahun 2010 ini berkali-kali menolak permintaan pengukuhan gelar.

Pengukuhan gelar doktor bagi At-Thayyib juga dinilainya dapat menguatkan hubungan bilateral antara Mesir dan Indonesia, juga demi  pengembangan bagi pendidikan Islam di Nusantara. Pria berkacamata ini melanjutkan, metode pendidikan ala Al Azhar yang moderat dan toleran hendak diterapkan di Indonesia. Sejak awal, lanjutnya, perguruan tinggi agama di Indonesia telah berupaya mengikuti model pendidikan Al-Azhar. “Yaitu penekanan atas integrasi antara ilmu dan Islam.” (al/mfa)

wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - Grand Syeikh Al-Azhar Dapat Gelar Doktor HC dari UIN Malang
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker