Pendidikan

Fredy Chandra Ajak 65 Guru Wisata ke Luar Negeri

Fredy Chandra mengajak guru-gurunya mulai dari SD, SMP sampai SMA di Pekalongan untuk berlibur ke luar negeri.

Fredy Chandra ajak 65 gurunya wisata ke luar negeri. Dialah… murid yang menghadiahi para gurunya dengan hadiah spesial. Demi mengenang jasa para gurunya, pria ini membiayai 65 gurunya wisata ke Luar Negeri.

Kisah seorang mantan siswa yang mengongkosi puluhan gurunya untuk wisata ke luar negeri jadi pembicaraan hangat. Siapakah dia?

Pria mempunyai nama Fredy Chandra adalah pengusaha kabel fiber optik yang sekarang tinggal di Jakarta. Masa kecil sampai remajanya berakhir di Pekalongan.

Fredy Chandra mengajak guru-gurunya mulai dari SD, SMP sampai SMA di Pekalongan untuk berlibur ke luar negeri.

Puluhan guru SD Sampangan, SMPN 1, SMAN 1 Pekalongan yang pernah mendidik Fredy terbang ke Malaysia dan Singapura pada 19-24 September 2017.

Dia menanggung seluruh ongkos perjalanan, uang saku, dan juga semua keperluan terkait kesehatan semua gurunya selama berlibur. Meski begitu, dia tak dapat ikut dalam perjalanan tersebut karena me*sti menuntaskan tugas pekerjaannya.

Namun, Fredy sempat mengantar kepergian rombongan dan tetap mengawasi setiap aktifitas para gurunya. Dia pun menyertakan kru kesehatan guna meyakinkan semua guru sehat dan mendapat pelayanan yang terbaik.

“Saya bingung, nggak nyangka (jadi perbincangan tidak sedikit orang). Saya inginnya nggak sampai diekspos, saya tidak cukup nyaman. Jadi bila ada yang inginkan wawancara, saya bilang me*stinya ke guru-guru saya.” Kata Fredy saat mengobrol dengan detikcom, Sabtu (30/9/2017).

Fredy merasa apa yang dia kerjakan untuk semua gurunya ialah hal yang telah sepatutnya dia perbuat sebagai seorang murid untuk guru.

“Orang tua saya menekankan, menanamkan, bila utang budi sama orang yang berjasa, me*sti sekali-kali menyenangkannya,” kata Fredy.

Kemudian suatu ketika dia mengetahui kabar seorang gurunya pensiun. Saat itulah dia bertekad untuk menyerahkan sesuatu kepada gurunya.

“Awalnya (berpikir) apa saya memberi mentahan. Tapi nanti seperti apa, saya putuskan mereka sekali-sekali merasakan pelayanan yang bagus,” imbuhnya.

Fredy merasa bahagia menyaksikan senyum sumringah semua gurunya saat berlibur. Dia memahami seorang guru, khususnya yang pensiun kadang mempunyai rasa dilupakan oleh muridnya.

“Bahkan ada yang sakit ginjal, (setelah berlibur) kini sudah semangat lagi, dapat beraktivitas,” kata Fredy.

Fredy kesudahannya mulai dapat menerima dirinya sekarang jadi perbincangan banyak orang. Terutama saat mengetahui guru-gurunya ternyata ikut bangga ketika nama mereka terdapat di sekian banyak media di Indonesia.

“Saya tahu mereka bangga. Saya menyaksikan mereka senyum sangat bahagia, itu tujuan saya,” tuturnya.

BACA JUGA:  Manfaat Kartanu : 'Kartu Tanda Anggota Nahdlatul Ulama'

Diajak wisata ke luar negeri, apa arti guru untuk Fredy Chandra?

Seorang penggusaha Fredy Chandra mengajak dan mengongkosi 65 orang gurunya untuk wisata ke luar negeri. Kepada detikcom, Fredy menceritakan arti guru untuk dirinya.

“Mereka sangat ngemong ke muridnya. Mereka sangat tabah. Bahkan ada satu guru saya yang tidak dapat ikut sebab sekarang diadukan muridnya ke polisi. Tapi saya tidak mau menghakimi apapun untuk masalah itu,” kata Fredy melalui sambungan telepon, Sabtu (30/9/2017).

Di matanya, pengabdian seorang guru bukan urusan yang biasa. Padahal, untuk Ferdy, pengabdian seorang guru guna mendidik siswa adalah pengorbanan luar biasa.

Menurutnya, sekarang ini tidak sedikit yang menilai guru bukan sebagai tokoh orang tua yang me*sti dihormati dan dibahagiakan.

“Kalau saya ya, menurut hemat saya sekarang tidak sedikit orang yang memandang guru sebagai pegawai. Ini menurut keadaan yang saya lihat,” tuturnya.

Ditambah lagi ketika kisahnya diusung sejumlah media, Fredy menyatakan bingung, tak menduga dan tak nyaman. Dia merasa apa yang dilakukan ialah sudah sepantasnya dilaksanakan seorang murid untuk gurunya.

“Di Indonesia ini justeru kaget (saat tahu ada kisah murid yang mebalas jasa gurunya). Kalau kata istri saya, yang saya kerjakan ini sesuai (dengan jasa semua guru kepadanya),” imbuhnya.

Fredy mengongkosi 65 gurunya untuk wisata ke luar negeri di sejumlah tempat wisata di Malaysia dan Singapura. Tak hanya memberikan sevice nomor satu. Fredy pun menyertakan kru dan dokter guna meyakinkan kondisi para gurunya selalu sehat dalam berlibur.

“Jadi kru tersebut tugasnya guna memberi vitamin, mengingatkan bila ada yang minum obat,” tuturnya.

BACA JUGA:  Program Full Day School, Why Not?

source

wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - Fredy Chandra Ajak 65 Guru Wisata ke Luar Negeri
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker