Berita Indonesia

Foto Hubungan Mesra Kopassus dan FPI Ternyata Foto Hoax

Pembuat dan penyebar foto hoax Kopassus - FPI mungkin sosok yg punya nyali besar.

Foto Hubungan Mesra Kopassus dan FPI Ternyata Foto Hoax. Pembuat dan penyebar foto hoax Kopassus – FPI mungkin sosok yg punya nyali besar. Kalau bukan orang yg berani, betapa sembrono pembuat foto hoax tersebut telah menedit Foto Kopassus. Berarti dia telah memfitnah Kopassus, apakah dia sengaja bermaksud mereduksi kewibawaan Kopassus?

Bagaimana tidak sembrono, dia sengaja membuat dan menyebarkan foto hoax tentang pasukan elite, Kopassus (Komando Pasukan Khusus). Foto anggota Kopassus diedit sedang bersama anggota FPI. Dibuat seolah-olah foto hoax itu menggambarkan hubungan mesra Kopassus dengan FPI sedang  berada di tengah acara HUT Kopassus.

Pada beberapa akun media sosial, tersebar tiga foto hoax terkait pasukan elite Kopassus. Foto pertasma di antara tiga foto itu memperlihatkan seorang anggota FPI sedang duduk paling depan di kursi undangan. Juga duduk di sebelahnya perwira tentara yang menggunakan PDH (pakaian dinas harian).

BACA JUGA:  Foto Hoax Raja Salman Angkat Korban Crane Masjidil Haram

Sedangkan  foto kedua, tampak di lokasi yang sama. Tapi, objeknya adalah seorang anggota FPI yang berdiri dengan diapit beberapa prajurit TNI. Mereka terlihat seperti menyanyikan lagu kebangsaan.

kopassus - Foto Hubungan Mesra Kopassus dan FPI Ternyata Foto Hoax

Adapu foto ketiga menggambarkan tiga prajurit Kopassus sedang berfoto bersama seorang anggota FPI tersebut. Dalam ketiga foto tersebut digambarkan seolah-olah Kopassus punya hubungan khusus dengan FPI, sehingga FPI layak mendapatkan kehormatan di acara HUT Kopassus.

Kopassus1 - Foto Hubungan Mesra Kopassus dan FPI Ternyata Foto Hoax

Hal ini jelas, dalam foto itu disebutkan, anggota FPI mendapatkan undangan kehormatan dalam HUT Kopassus di Cijantung tahun ini, tahun 2017.

Foto itu telah banyak disebarkan di media sosial, baik di media Facebook maupun grup-grup chat. Ada yang dibumbui kalimat provokasi dengan menyebut ormas besar lainnya yg tidak diundang Kopassus.

BACA JUGA:  Muktamar NU ke-33: Asal Usul Konsep Ahlul Halli wal Aqdi

Ternyata Foto Hoax

Foto Kopassus dan anggota FPI yang sepintas tampak asli itu ternyata foto hoax. Kepala Penerangan Kopassus Letkol Inf Joko Tri Hadimantoyo menjelaskan, selama berdiri, Kopassus tidak pernah mengundang ormas dalam perayaan hari ulang tahun (HUT).

”Kecuali ormas Anak Korps Baret Merah atau AKBM. Lainnya, tak pernah ada yang diundang,” ujarnya.

Joko Tri Hadimantoyo menjelaskan, foto tiga prajurit Kopassus itu sebenarnya diambil pada 2015. ”Dalam foto yang asli, tak ada anggota FPI. Foto anggota FPI itu ditambahkan melalui editing foto,” katanya.

Joko Tri Hadimantoyo juga mempertanyakan foto lain yang menunjukkan anggota FPI di tengah-tengah prajurit TNI yang mengenakan PDH. Joko menegaskan, selama ini anggota Kopassus tak pernah mengenakan PDH. Pada tahun 2017 ini, Kopassus juga tidak melangsungkan perayaan HUT di Cijantung.

BACA JUGA:  Banser Pilihan Jabar Digembleng di Area Pesantren Cipulus

Joko berharap masyarakat tidak terpengaruh dengan foto hoax tentang anggota Kopassus dan FPI yang kini terus tersebar. Menurut dia, bisa saja hoax itu sengaja diviralkan oleh orang-orang yang tak senang dengan FPI. ”Mungkin juga ada yang ingin mengadu domba FPI,” tegasnya. Atau bisa jadi pembuatnya seorang pemuja FPI, terbukti dengan provokasi menyebut ormas besar lainnya yg tak diundang Kopassus di acara tersebut.

Fakta, bahwa Kopassus tidak pernah mengundang ormas dalam perayaan hari ulang tahunnya. Kecuali ormas Anak Korps Baret Merah atau AKBM.

sumber

Save

wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - Foto Hubungan Mesra Kopassus dan FPI Ternyata Foto Hoax
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker