Nikah Beda Agama Lebih Baik Daripada Kumpul Kebo ?

1 komentar 3021 views

Nikah Beda Agama – Ibu Shinta Nuriyah Istri Gus Dur mengatakan bahwa menurut Fiqih Mahdzab Syafi’i. Dan lainnya nikah beda agama boleh. Namun ada syaratnya.

Istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Ibu Shinta Nuriyah, tak mempermasalahkan. Jika ada perkawinan yang melibatkan dua agama yang berbeda. Pandangan tentang nikah beda agama itu, kata dia, juga sesuai dengan pimikiran almarhum suaminya. “Daripada kumpul kebo,” kata Ibu Shinta di Gedung Energy di bilangan Sudirman, Kamis malam 25 September 2014. “Kumpul kebo malah memperbanyak dosa.”

Menurut Fiqih, kata Ibu Shinta, yakni mahdzab Syafi’i dan lainnya nikah beda agama boleh, namun ada syaratnya. Laki-lakinya, kata dia, sebaiknya yang Islam. Namun untuk zaman sekarang, Ibu Shinta menilai sama saja, lelaki atau perempuannya yang dari Islam. “Apalagi kalau pada akhirnya yang Islam bisa mengajak pasangannya. Kan itu lebih baik lagi,” kata dia.

nikah beda agamaNikah beda agama menjadi solusi daripada kumpul kebo

Pernyataan itu disampaikan Ibu Shinta menanggapi uji materi Undang-undang Perkawinan yang diajukan Damian Agata Yuvens, dan kawan-kawan. Menurut Damian, pernikahan di antara warga negara Indonesia. Yang berbeda agama (nikah beda agama) di luar negeri masuk kategori penyelundupan hukum. Tindakan ini, kata Damian, justru dianggap tidak menghormati hukum di Indonesia.

“Kalau mengubah identitas dan menikah di luar negeri, itu penyelundupan hukum. Bagi masyarakat, itu hal wajar. Ngaku-nya negara hukum, ternyata hukumnya kehilangan wibawa. Karena kita main belakang,” kata Damian dalam wawancara khusus dengan Tempo, akhir pekan lalu.

Untuk mencegah hal tersebut terus terjadi, Damian dan rekan-rekannya berharap. Mahkamah Konstitusi dapat mengabulkan uji materi Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Perkawinan. Yang mereka ajukan ke Mahkamah Konstitusi. Jika dikabulkan, kata Rangga, negara bisa memfasilitasi pernikahan beda agama tanpa melanggar hukum.  (al/ef/tempo)

Daripada mereka kumpul kebo, why not…, nikah beda agama ?

Simpan

Simpan

author
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Satu Respon
  1. author

    muhdasuki2 tahun ago

    Maaf setahu saya tidak ada dalam Al-qu’ran maupun hadits yang menghalalkan nikah beda agama…Adapun pendapat yang mengatakan “dari pada kumpul kebo ” Itu hanya alasan segelintir orang yg ingin menikah dgn lain agama…nauzubillah minzalik…

Tinggalkan pesan "Nikah Beda Agama Lebih Baik Daripada Kumpul Kebo ?"