Internet

Edukasi Google untuk Manfaatkan Internet bagi Pelaku UMKM

Peran Google dalam Edukasi Masyarakat Pelaku UKM Indonesia Agar Manfaatkan Teknologi Internet

Google ingin lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia manfaatkan teknologi berbasis internet

Islam-institute.com, Denpasar – Beberapa waktu yang lalu, Google Indonesia memberikan pelatihan dan edukasi kepada ratusan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Denpasar, Bali, bagaimana cara memanfaatkan teknologi internet sebagai media pemasaran produk pelaku usaha.

“Kami ingin lebih banyak pelaku UKM di Indonesia tersentuh digital,” kata Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia, Shinto Nugroho yang ditemui wartawan dalam Seminar Gapura di Denpasar.

Menurut Shinto Nugroho, potensi produk UKM di Indonesia sangat besar dengan keaslian dan keragaman produk namun dunia lebih mengenal produk negara tetangga. Hal itu diyakini karena pemasaran yang belum banyak menyentuh cara pemasaran online atau pemasaran via internet.

banner gif 160 600 b - Edukasi Google untuk Manfaatkan Internet bagi Pelaku UMKM

 

Google Photos

“Untuk itu kami bantu UMKM di Indonesia agar go global karena kualitas dan kerja keras ada, tinggal kesempatan ini yang kami dorong,” ucapnya.

Shinto Nugroho mengutip data riset yang dikeluarkan oleh Access Markets International (AMI) tahun 2013 yang menyebutkan bahwa terdapat 55,2 juta pelaku Usaha Kecil Menengah di Indonesia namun baru 75 ribu yang memanfaatkan pemasaran via internet.

Padahal di antara pengguna internet yang aktif di Indonesia, ada sekitar 4,6 juta yang melakukan transaksi belanja via dunia internet.

Seminar Gapura diselenggarakan mulai 28 Maret 2015 yang lalu itu digelar di lima kota yakni di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Denpasar dipilih, menurut Shinto Nugroho, karena tingkat adaptabilitas masyarakat di wilayah Bali terhadap teknologi internet yang cukup tinggi dengan potensi pelaku usaha UKM yang besar.

Dalam seminar tersebut diperkenalkan sejumlah hal menyangkut bisnis di dunia internet melalui web, mobile dan aplikasi. Acara workshop ini menghadirkan pembicara yang merupakan pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) yang melakukan pemasaran via internet (al/antara/kompas/jpn)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker