Berita AS

Daud Rasyid Harun Ditangkap Petugas di Amerika Serikat

Daud Rasyid Harun, Imam Masjid asal Indonesia Ditangkap Petugas Dinas Keimigrasian Amerika Serikat. Salah satu imam masjid Indonesia di Amerika Serikat tersebut ditangkap petugas Dinas Keimigrasian Amerika Serikat pada 19 Juni lalu. Penangkapannya bukan karena tindakan kriminal melainkan masalah imigrasi saja, demikian menurut keterangan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York.

KJRI New York mengatakan akan memberikan perlindungan kekonsuleran bagi Daud Rasyid Harun. Mereka juga menuturkan dalam keterangan tertulis akan mengikuti peraturan di Amerika Serikat.

“KJRI telah melakukan perlindungan kekonsuleran sesuai dengan peraturan Amerika Serikat dan memperhatikan kaidah-kaidah hukum internasional,” demikian kata KJRI New York, Selasa (27/6).

Daud Rasyid Harun

Dalam rilis tertulis tersebut, KJRI New York menerangkan telah secara proaktif melakukan langkah-langkah perlindungan. Hal ini dilakukan setelah Dinas Keimigrasian secara resmi memberitahukan penangkapan Daud Rasyid.

BACA JUGA:  Dua Polisi AS Penembak Anak 6 Tahun Ditangkap

“Langkah perlindungan terpenting yang telah dilakukan adalah memastikan semua hak-hak dasar yang bersangkutan (terutama hak memperoleh fair treatment, hak didampingi pengacara dll),” demikian keteranga pihak KJRI New York.

KJRI New York pun sudah mengadakan komunikasi secara intensif dengan Dinas Keimigrasian AS dan Daud Rasyid Harun. Menurut keterangan mereka, Imam Masji di AS tersebut dalam kondisi sehat dan baik-baik saja.

“Sejauh ini Daud Rasyid Harun dalam keadaan sehat dan baik serta dapat menjalankan ibadah seperti biasa,” demikian penjelasan KJRI New York.

Daud Rasyid Harun tidak memiliki status sebagai Imam Masjid

Merujuk data milik KJRI New York, Daud Rasyid Harun tiba di AS sejak Juni 2016 dengan menggunakan Visa kunjungan. Lalu, Daud Rasyid memperoleh visa R-1. Yaitu visa untuk mereka yang menjalankan aktifitas keagamaan pada salah satu lembaga sosial di Amerika Serikat.

BACA JUGA:  Atlet Anggar Dunia Asal AS Dipaksa Lepas Jilbab untuk Tanda Pengenal

Namun selanjutnya, ternyata ada sengketa kepengurusan di Masjid Al Hikmah. Daud Rasyid ditangkap setelah dilaporkan oleh salah satu pengurus masjid tentang status keberadaannya di AS kepada Dinas Keimigrasian. Dan bahwa Daud Rasyid tidak memiliki status sebagai Imam Masjid.

“Selanjutnya pada bulan April 2017, Pengurus Masjid Al-Hikmah menyampaikan kepada Dinas Keimigrasian bahwa yang bersangkutan tidak memiliki status sebagai Imam di Masjid Al-Hikmah. Meskipun sampai saat ini persoalan kepengurusan Masjid merupakan sengketa hukum perdata yang masih ditangani oleh pengadilan, Dinas Keimigrasian pada tanggal 16 Mei 2017 menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan pembatalan visa Daud Rasyid Harun,” ujarnya.

BACA JUGA:  Stephen Lendman: AS Ada Dibalik Perang Korea Selatan dan Korut

KJRI New York mengatakan, konsekuensi hukum pembatalan visa tersebut, Daud Rasyi Harun harus kehilangan status keimigrasiannya di Amerika Serikat. Itulah alasan Dinas Keimigrasian AS menangkap Daud. “Menahan yang bersangkutan dan akan mengambil langkah-langkah hukum untuk melakukan deportasi,” demikian katanya.

Dinas Keimigrasian Amerika Serikat memiliki kewenangan mutlak untuk mencabut visa seseorang. Meski demikian, Daud Rasyid Harun secara hukum berhak menyampaikan keberatan terhadap semua langkah-langkah tersebut di depan sidang pengadilan keimigrasian.

 

source

Save

Save

Save

wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - Daud Rasyid Harun Ditangkap Petugas di Amerika Serikat
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker