Kesehatan

CIRI-CIRI SESEORANG MENGALAMI SERANGAN PENYAKIT DIABETES

Inilah Ciri Seseorang Terkena Penyakit Diabetes atau Kencing Manis

Diabetes yang biasa juga disebut penyakit kencing manis, adalah termasuk penyakit yang berat yang bisa memicu berbagai komplikasi jika tidak ditangani secara baik. Untuk itu sebaiknya kenali ciri-ciri bagi sesorang yang terjangkit penyakit diabetes.

Penyakit diabetes adalah gangguan penggunaan glukosa yang terjadi di dalam tubuh. Diabetes tidak terjadi secara begitu saja. Sebelum didiagnosis menderita diabetes ia mengalami fase normal, lalu meningkat menjadi prediabetes dan akhirnya menderita diabetes.

Ciri-ciri seseorang terjangkit penyakit diabetes seperti pernah dipublikasikan Diabeteslibrary, Kamis, (23/2/2012) adalah:

1. Berat badan turun cepat

Pada penderita diabetes tipe 1 (faktor genetik). Pankreas berhenti membuat insulin akibat serangan virus pada sel-sel pankreas atau respons autoimun. Akibatnya tubuh sulit mencari sumber energi karena sel-sel tidak memperoleh glukosa sehingga memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga berat badan terus menyusut.

BACA JUGA:  Ilmu Kedokteran Gigi di Dunia Islam, Barat dan Indonesia

Pada penderita diabetes tipe 2 (faktor perubahan gaya hidup), penurunan berat badan terjadi secara bertahap dengan peningkatan resistensi insulin sehingga penurunan berat badan tidak begitu terlihat.

2. Sering buang air kecil

Ciri-ciri seseorang mengalami serangan penyakit diabetes, dia sering buang air kecil.  Hal ini terjadi karena terlalu banyak glukosa dalam darah. Jika insulin tidak ada atau sedikit maka ginjal tidak bisa menyaring glukosa untuk kembali ke darah. Lalu ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hal ini membuat kandung kemih penuh dan orang jadi sering buang air kecil.

BACA JUGA:  Obat Keropos Tulang dari Jamur Tiram Diteliti Mahasiswa UGM

3. Sering merasa haus

Karena sering buang air kecil, Anda akan menjadi lebih sering haus, karena proses penghancuran glukosa yang sulit maka air di dalam darah tersedot untuk menghancurkannya. Sehingga seseorang perlu minum lebih banyak untuk menggantikan air yang hilang.

4. Sering merasa kesemutan di kaki dan tangan

Orang yang terkena diabetes akan sering merasa kesemutan di kaki dan tangan. Gejala ini disebut neuropati. Terjadi secara bertahap karena glukosa dalam darah tinggi dan merusak sistem saraf. Orang-orang sering tidak menyadari bahwa itu salah satu pertanda. Kondisi gula darah tinggi kemungkinan telah terjadi beberapa tahun sebelum diagnosa. Kerusakan saraf dapat menyebar tanpa diketahui.

BACA JUGA:  RSI Siti Hajar Sidoarjo, Bukti Kaum Sarungan NU Semakin Modern

5. Merasa lemah dan gampang kelelahan

Karena produksi glukosa terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang harusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk membuat energi jadi tidak berjalan. Karena sel energi tidak mendapat asupan sehingga orang akan merasa cepat lelah.

6. Gejala lain

Selain yang disebutkan di atas, ada pula gejala lain yang bisa muncul bagi sesorang yang terkena diabetes, seperti penglihatan kabur, kulit kering atau gatal, sering infeksi atau luka dan memar, yang membutuhkan penyembuhan dalam waktu lama. Ini merupakan tanda-tanda lain dari seseorang yang terkena diabetes.

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker