Berita Timur Tengah

China Seru AS Hentikan Sistem Rudal THAAD di Korsel

CHINAPemerintah China meminta AS hentikan penyebaran sistem Rudal THAAD di Korsel. China telah menegaskan kembali oposisi yang kuat atas penyebaran sistem rudal THAAD, sistem rudal canggih AS di negara tetangga Korea Selatan. China memperingatkan bahwa Beijing akan mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan-kepentingannya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang mengatakan pada konferensi pers pada hari Rabu bahwa penyebaran sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Korea Selatan membahayakan stabilitas regional.

“Dengan THAAD, AS dan Korea Selatan serius menghancurkan stabilitas regional dan serius merusak kepentingan strategis negara-negara di kawasan itu, termasuk China,” kata pejabat Cina.

BACA :  2014 Lalu Vladimir Putin Sudah Ungkap Siapa di Balik ISIS

Dia juga meminta Washington dan Seoul untuk menghentikan proyek Sistem Rudal THAAD di Korsel.

“Kami telah mengatakan bahwa kita tegas menentang penyebaran sistem THAAD AS di Korea Selatan, dan kami intens menyerukan AS dan Korea Selatan untuk menghentikan proses (penyebaran) tersebut,” kata pejabat China.

“China dengan tegas akan mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan yang wajar,” Lu menambahkan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

530e786a 59e1 46b2 8f0b 04c879763e66 - China Seru AS Hentikan Sistem Rudal THAAD di Korsel

 

banner gif 160 600 b - China Seru AS Hentikan Sistem Rudal THAAD di Korsel

Pada hari Jumat, Amerika Serikat dan Korea Selatan mengatakan mereka telah membuat keputusan akhir untuk menyebar sistem rudal THAAD di Selatan, dan mengklaim hanya akan digunakan dalam pertahanan terhadap apa yang mereka sebut ancaman Korea Utara.

BACA :  Militer AS Jatuhkan Bom 500 Pon ke Warga Sipil Suriah

China yang berbatasan dengan Korea Utara, telah menyuarakan penentangannya terhadap penyebaran sistem rudal THAAD di Korsel, peringatan itu akan mengganggu stabilitas keamanan regional.

Washington dan Seoul mulai melakukan konsultasi yang intens pada sistem rudal THAAD setelah Korea Utara melakukan uji coba nuklir keempat di bulan Januari, yang diikuti oleh peluncuran satelit dan serangkaian uji peluncuran berbagai rudal.

Menurut Kementerian Pertahanan Korea Selatan, sistem rudal AS akan dikerahkan di daerah tenggara Seongju untuk memaksimalkan efektivitas dan meminimalkan dampak pada warga dan lingkungan. Kementerian itu juga mengatakan bertujuan untuk memiliki sistem yang beroperasi pada akhir 2017.

b50eb484 26f4 4053 95bf 2f5de322dc22 - China Seru AS Hentikan Sistem Rudal THAAD di Korsel

Penyebaran sistem rudal THAAD di Korsel telah memicu protes dari warga, termasuk orang-orang dari Seongju, yang terletak 296 kilometer sebelah tenggara ibukota, Seoul.

BACA :  Tunisia Tutup 70 Hotel Sepi Akibat Takut Teroris

Sementara itu, Rusia juga telah menyuarakan penentangan terhadap rencana tersebut, dan mengatakan sistem rudal cenderung merusak stabilitas di kawasan dan “berpengaruh negatif terhadap stabilitas strategis global.”

Militer Korea Utara juga mengancam akan mengambil “tindakan fisik” dalam menanggapi penyebaran sistem rudal THAAD di semenanjung Korea.

Sistem rudal THAAD telah dirancang untuk mencegat rudal balistik dalam atau di luar atmosfer. (al/arn)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker