Inspirasional

CARA DAKWAH ITU BUKAN DENGAN CARA KASAR

CARA DAKWAH ITU BUKAN DENGAN CARA KASAR. Sabda Rasul Saw ; “Kasihi yang ada di bumi, niscaya kau akan dikasihi oleh yang ada di langit,” (HR. al-Bukhari).

Landasan CARA DAKWAH berdasar Firman Allah Swt:

“Maka disebabkan kasih sayang Allah lah engkau berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka berpaling dari sekelilingmu,” (QS. Ali Imran: 159)

Masih terkait Cara Dakwah, Allah juga berfirman dalam ayat sebelumnya,

“Pergilah kamu berdua kepada Fir’aun. Sesungguhnya ia telah melampaui batas; maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut. Mudah-mudahan ia ingat atau takut.” (QS. Thoha : 43-44).

Cara Dakwah dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang

Tanpa perlu terlalu bersusah payah kita mencerna penjelasan ayat dan hadis di atas. Kita akan dapat menyimpulkan sesungguhnya cara dakwah mengajak kepada ajaran Islam mesti dengan cara lemah dan lembut. Juga penuh kasih sayang. Sebaliknya ajakan dengan cara memaksa, merendahkan orang lain, dengan memaki, memukuli dan dengan tidak mengindahkan norma serta harkat orang lain, sungguh cara dakwah seperti itu sangat tidak terpuji.

Terkait hal itu, adanya sebagian kelompok umat Islam yang mengaku memperjuangkan Islam dengan membabi buta, menghantam pihak lain yang tidak sependapat dengannya.

banner 2 2 - CARA DAKWAH ITU BUKAN DENGAN CARA KASAR

Level yang paling lunak dari mereka adalah MEMBID’AHKAN semua orang yang masih taat beribadah. Akan tetapi orang yang masih taat beribadah itu tidak sama dengan cara ibadah mereka. Kelompok terbesar ini menjadi sasaran ‘dakwah’-nya, karena dianggapnya salah. Dan yang mereka yakini diri mereka pasti benar dan orang lain pasti salah.

Level berikutnya, mereka KAFIRKAN siapa saja yang mereka lihat kurang dalam ibadahnya. Dengan sikap seperti itu, tiada pendekatan lain dalam dakwahnya kecuali perang.

Nah, kalau ada orang berdakwah dengan cara dakwah yang keras dan memaksakan kehendak. Mereka mengajak pada pelaksanaan agama dengan kaffah, atau membentuk negara baru dengan dalih apapun. Namun cara dakwah mereka bertentangan dengan dalil dan nas-nas Allah dan Rasul-NYA, maka jangan dipercaya.

Salah satu contohnya Khilafah ISIS yang yang dikelola sekelompok Umat Islam. mereka mengajak pada Islam, dengan mendirikan negara Islam (khilafah Islamiyah). Tetapi melakukannya dengan kasar dan kejam, setidaknya itu yang kita ketahui melalui media yang ada. Maka ajakanya tersebut jelas pantas untuk ditolak. Karena kita tahu dan meyakini kebenaran ayat maupun hadis di atas. Kita menerima dan mendukung cara dakwah yang mengajak kepada Islam dengan cara-cara santun, lemag lembut dan penuh rahmat. Wallohu a’lam.

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker