Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Afrika

Bom Bunuh Diri Boko Haram di Masjid Nigeria, 42 Orang Tewas

Bom Bunuh Diri Boko haram Serang Masjid Nigeria, 42 Jamaah Shalat Tewas

Bom Bunuh Diri Serang masjid Nigeria, 42 Jamaah Shalat Maghrib Menjadi Syahid. Pelaku Bom Bunuh Diri Diduga Kelompok Teroris Wahabi Boko Haram

Islam-Institute, BORNO – Sebanyak 42 orang telah kehilangan nyawa ketika dua bom bunuh diri meledak di timur laut sebuah masjid di negara bagian Nigeria yang tengah bergolak, Borno.

Saksi mata mengatakan bahwa kedua bom itu meledak dalam waktu yang sangat berdekatan, sekitar pukul 6.30 sore, waktu setempat pada hari Kamis (15/10/15).

 

Boko Haram, Illustrasi.

 

Bom itu dibawa oleh dua orang yang menyamar sebagai jamaah dan menyelinap di antara para jamaah lainnya di tempat ibadah di lingkungan Molai Barat, kota Maidugiri, terletak sekitar 870 km (540 mil) sebelah barat ibukota, Abuja, dimana orang-orang tengah berkumpul untuk melaksanakan shalat maghrib.

BACA JUGA:  Capres AS, Ben Carson: Muslim Tak Layak Jadi Presiden AS

“Semua orang di masjid tewas. Tak seorangpun berhasil lolos,” ungkap Muhtari Ahmadu, seorang pedagang yang berada di dekat lokasi kejadian. “Masjid itu bisa menampung setidaknya 40 orang dalam waktu bersamaan, tapi saya tidak tahu jika ada lebih banyak orang di dalamnya, saat kejadian,” tambah Ahmadu.

Belum ada yang secara jelas mengklaim sebagai pelaku serangan, namun biasanya serangan semacam ini dilakukan oleh kelompok teroris Wahabi ekstrim, Boko Haram.

BACA JUGA:  Al Shabab Bantai 147 Mahasiswa, Situs Islam Radikal 'Tutup Mata' !

Peristiwa dua bom bunuh diri di masjid ini, terjadi hanya dua hari setelah tiga bom yang menewaskan setidaknya tujuh orang di di wilayah pinggiran padat penduduk, Ajilari-Cross, Selasa malam, saat warga beristirahat setelah berjuang melawan temperatur 39 derajat Celcius di siang hari.

Menurut Abubakar Sadiq, seorang warga lokal, kepada Associated Press, Rabu (14/10/2015), tiga ledakan itu diikuti rentetan senjata api.

Bulan lalu, 54 orang tewas dan 90 lainnya terluka dalam serangan bom bunuh diri di sebuah masjid di Ajilari-Cross.

BACA JUGA:  Peran Kedutaan Arab Saudi dalam Pembantaian Muslim di Nigeria

Presiden Amerika Serikat Barack Obama beberapa waktu lalu mengatakan bahwa negaranya  berencana mengirim pasukan untuk menghadapi Boko Haram di Kamerun. Keputusan diambil karena Boko Haram semakin memperluas daerah jajahannya di benua Afrika.

Kelompok teroris Boko Haram merupakan organisasi teroris bersenjata semacam kelompok ISIS di Suriah dan Irak. Mereka sama-sama melakukan aksi teror yang menimbulkan mala petaka besar di tengah umat Islam. Akankah Amerika Serikat serius melawan Boko Haram? Bukankah track record AS di Suriah sangat buruk dalam melawan ISIS, sehingga membuat Rusia tidak sabar?  (AL/SFA/LM/PTV)

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker