Bisnis Online

BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos Digital ke Surabaya

JAKARTABNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos digital ke Surabaya. Kerja sama Kementerian Sosial (Kemensos) dengan BNI (PT Bank Negara Indonesia Tbk) dalam pengembangan teknologi dan sistem penyaluran bantuan sosial (bansos) atau subsidi nontunai terus diperluas dan memasuki babak baru.

Berdasarkan rilis kegiatan BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos yang diberitakan harian berita online Sindonews, Sabtu (6/8/2016), kini sistem penyaluran bantuan sosial atau subsidi yang dibangun tersebut diterapkan di salah satu kota besar di Indonesia, yaitu di Surabaya, Jawa Timur.

BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos sebelumnya, yang merupakan kerjasama Kemensos dan BNI telah menguji coba dan mengoperasikan sistem tersebut untuk penyaluran bantuan sosial PKH dan RASTRA secara simultan di tiga kota, yaitu Malang, Sidoarjo, dan Mojokerto. Pada kesempatan di Surabaya ini juga diuji coba fitur baru, yaitu Penyaluran Subsidi Pupuk dan elpiji 3 kg.

Upaya BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos atau Subsidi di Surabaya, Jawa Timur dilaksanakan di Kelurahan Sidosermo, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, hari ini. Uji coba dilaksanakan oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, sekaligus meresmikan e-Warung KUBE (Kelompok Usaha Bersama) bernama Warung Sidosermo Sejahtera yang dikelola Suparmi.

BACA JUGA:  Bank Mandiri Hadirkan Inkubator Bisnis, Ciptakan Bibit Wirausaha

Mensos juga berkesempatan menguji coba transaksi di e-Warung KUBE lainnya, yaitu e-Warung KUBE Jagir Berkah yang dikelola Lailatus Syiami di Kelurahan Jagir, Wonokromo, Surabaya. Kegiatan BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos berlangsung lancar tanpa kendala.

 

bni perluas sistem penyaluran bansos digital ke surabaya DnZ thumb - BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos Digital ke Surabaya

 

Ikut adir pada kegiatan BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos tersebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini M Soemarno, Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana, Direktur Utama Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto.

Warung Ibu Suparmi digolongkan sebagai e-Warung KUBE atau Elektronik Warung yang merepresentasikan proses transaksi atau pembayaran yang dapat dilakukan secara nontunai karena menggunakan aplikasi ‘mini-market’ yang terintegrasi untuk pencatatan penjualan dan persediaan dan kartu yang dikembangkan BNI, yaitu Kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera. Terkait hal ini maka perlu bagi BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos tersebut.

BACA JUGA:  China Resmi Luncurkan AIIB, Saingi Bank Dunia dan IMF ?

Kartu tersebut dilengkapi e-wallet yang memungkinkan satu kartu dipergunakan untuk berbagai program sosial atau subsidi, sehingga lebih praktis bagi masyarakat penerima bantuan sosial. Menteri BUMN berkesempatan menyerahkan Kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera kepada Mensos yang kemudian disampaikan kepada penerima manfaat.

Pada kesempatan BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos di Surabaya ini, Kemensos dan BNI menguji coba penggunaan Kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera, yaitu belanja di e-Warung KUBE menggunakan Kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera. Pada waktu yang sama, Mensos dan Menteri BUMN menguji coba penyaluran subsidi pupuk dan gas menggunakan kartu yang sama.

E-Warung KUBE seperti yang dikelola Suparmi dan Lailatus Syiami dapat dikembangkan lebih lanjut fungsinya sebagai keagenan Branchless Banking, atau yang disebut sebagai Agen 46, untuk memperoleh berbagai manfaat dan nilai tambah. Karena itulah dari upaya BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos ini akan diketahui manfaatnya bagi masyarakat penerima bansos dan pihak terkait.

BACA JUGA:  Bank Mandiri Operasikan 200 Kantor Cabang Saat Cuti Idul Fitri

Nilai tambah tersebut itu antara lain, peluang perluasan bisnis pembayaran listrik, telepon, pulsa, dan lain sebagainya.

Usaha sistematis BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos, dengan dukungan sistem BNI ini, bantuan sosial yang diterima masyarakat yang berhak menerima akan dilakukan secara nontunai, di mana bantuan sosial akan langsung masuk ke rekening penerima manfaat dan selanjutnya dapat digunakan untuk membeli barang yang telah ditetapkan, tarik tunai, atau tetap disimpan di dalam tabungan.

Kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera juga dapat difungsikan sebagai kartu Debit yang dapat bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri. Pada kegiatan BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos di Surabaya, Menteri Sosial dan Menteri BUMN juga menguji coba penarikan bantuan sosial melalui BNI Layanan Gerak dengan menggunakan Kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera.

Dengan upaya uji coba tersebut diharapkan kedepan semua kegitan terkait bantuan sosial akan berjalan lancar, itulah alasan perlunya BNI Uji Coba Sistem Penyaluran Bansos.

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker