Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Turki

Berita Turki: 1.845 Kasus “Penghinaan” Erdogan Dibuka di Turki

1.845 kasus “Penghinaan” Erdogan dibuka di Turki, akibat kekhawatiran Ankara atas meningkatnya para penentang yang tidak menyukai pemerintahan Erdogan….

 

Islam-Institute, ANKARA – Sekitar 1.850 kasus telah dibuka di Turki terhadap mereka yang dituduh menghina Presiden Recep Tayyip Erdogan selama dua tahun terakhir sejak menjabat presiden Turki. Sikap keras Ankara ini dilaksanakan di tengah kekhawatiran Ankara atas meningkatnya para pembangkang yang tidak menyukai pemerintahan Erdogan.

Menteri Kehakiman Turki, Bekir Bozdag, mengatakan dalam sidang parlemen bahwa 1.845 kasus telah terdaftar terkait penghinaan terhadap Erdogan sejak 2014 ketika pemimpin Turki itu masih menjabat sebagai presiden.

BACA JUGA:  Robert Fisk: Erdogan Sedang Bergerak Hancurkan Turki

Media Turki pada Rabu (02/03) kemarin menyatakan bahwa para kritikus menuduh Erdogan telah menyalahgunakan hukum larangang penghinaan terhadap presiden, sebagai sarana untuk membungkam perbedaan pendapat. Undang-undang yang hampir tidak pernah digunakan sebelumnya ini telah mengirimkan sejumlah orang ke pengadilan, termasuk selebriti, jurnalis dan bahkan anak-anak sekolah.

Erdogan juga telah menghadapi ketidak-puasan rakyat selama apa yang kritikus katakan adalah nyata tumbuh perilaku otokratis dan menganggap kritik sebagai penghinaan.

BACA JUGA:  Operasi Militer Turki ke Suriah Sebagai Pelanggaran Lintas Batas

Sebuah laporan hak asasi manusia yang dirilis pada Desember 2015 menunjukkan bahwa total 98 orang yang dituduh menghina Presiden Turki telah ditahan selama periode 10 bulan.

Laporan itu menambahkan bahwa total 5.795 orang telah dibawa ke tahanan antara Januari dan 7 Oktober 2015, atas masalah hak asasi manusia.

b62f0ed3 a972 453e 8fbf 9c43e4f59451 - Berita Turki: 1.845 Kasus “Penghinaan” Erdogan Dibuka di Turki

Selain itu, laporan tersebut juga menunjukkan meningkatnya jumlah situs online yang diblokir atas perintah pengadilan dalam beberapa tahun terakhir. 15.562 situs yang diblokir pada 2011, 22.536 pada tahun 2012, 35.000 pada 2013, 40.773 pada tahun 2014 dan 96.000 tahun lalu.

BACA JUGA:  Operasi Militer Turki di Suriah, Turki Berharap Berlangsung Singkat

Pemerintah Turki juga telah mendapat kecaman keras atas tindakan keras pada media oposisi yang mengkritisi Erdogan ataupun kebijakan pemerintah Turki.  (AL/ARN)

 

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker