Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Indonesia

Bagaimana Menyamakan Penetapan Awal Ramadan dan 1 Syawal ?

Untuk Menyamakan Penetapan Awal Ramadan 2015, Menteri Agama Dekati Muhammadiyah Dan NU

Islam-Institute.com, JAKARTA – Untuk menyamakan penetapan awal Ramadan dan 1 Syawal (Idul fitri) dan Dzulhijjah (Idul adha), Kementerian Agama terus berupaya mendekati dua oramas Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan NU.

Kita tahu selama ini kedua Ormas Islam ini sering berbeda dalam menetapkan awal Ramadan dan 1 Syawal. Karena itu, bagaimana menyamakan penetapan awal Ramadan dan 1 Syawal?

BACA JUGA:  Bayi Ajaib Disunat Jin, Lahir Satu Jam Disunat Jin

“Kami terus upayakan menyamakan cara pandang dalam memahami hilal,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin.

Untuk itu, menteri agama menjelaskan langkah pertama yang diambil adalah menyamakan pemahaman tentang hilal dan kriteria hilal, termasuk bagaimana hilal itu dapat disaksikan.

Dia mengungkap dirinya telah mengunjungi Pengurus Pusat Muhammadiyah di Yogjakarta untuk melakukan silaturahmi dan muzakarah dalam upaya menyatukan kalender hijriyah antara PP Muhammadiyah dan pemerintah.

BACA JUGA:  Ustadz Idrus Ramli, Berhentilah Berselisih dengan Kiyai Said Aqil Sirodj

Sementara itu, ia mengatakan akan segera melakukan kunjungan yang sama ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dalam waktu dekat.

Lukman Hakim optimis dengan dilakukannya muzakarah semacam ini maka dirinya optimis permasalahan perbedaan pandangan penetapan Ramadan, 1 Syawal dan Dzulhijjah dapat segera terselesaikan.

Seperti kita ketahui, Ormas Islam Muhammadiyah telah menetapkan awal bulan puasa 1 Ramadan 1436 tahun ini yakni jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015.

BACA JUGA:  Kenapa MusliModerat Sering Ungkap Kejahatan Wahabi dan NUGL ?

Sementara Idul fitri 1 Syawal 1436 H bertepatan dengan hari Jumat, 17 Juli 2015. Penetapan awal puasa dan 1syawal itu sesuai hasil telaah hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Metode telaah itu merupakan cara menetapkan awal puasa dan 1 Syawal, termasuk Idul adha, dengan ilmu perhitungan falak atau astronomi.

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker