Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Kisah Nyata - Kisah Unik

KH Taufiqul Hakim Penemu Metode Amtsilati Asal Jepara

Jika dengan metode Qiro’ati orang bisa belajar membaca Al-Qur’an dengan cepat, maka dengan Amtsilati orang akan dapat membaca dan memahami kitab ‘gundul’ yang tak berambut itu dengan cepat.

Asal-usul Metode Amtsilati, Sejarah Singkat Amtsilati. KH Taufiqul Hakim penemu metode Amtsilati. Sebelum saya membahas tuntas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan amtsilati, alangkah baiknya bila saya menjelaskan sejarah singkat mengenai metode amtsilati. Berikut sejarah singkat mengenai sejarah amtsilati yang saya ambil dari website tetangga sebelah.

Membaca Tulisan Arab Gundul Itu Susah, Atasi dengan Metode Amtsilati

Saat berhadapan dengan barisan kata dalam bahasa Arab tanpa assesoris semestinya, tentu bukan hal yang mudah bagi awam untuk membacanya. Bahkan, santri jebolan pondok pesantren sekalipun yang sudah menahun menimba ilmu, masih saja gamang. Tidak bisa diragukan kalau kitab suci Al-Qur’an dan teks-teks hadits Nabi serta sebagian besar khasanah keislaman tertulis dalam bahasa Arab.

Bukan hal yang aneh, jika ada yang menyebut bahasa Arab sebagai bahasa surga, karena faktor kelengkapan dan kerumitannya tersebut. Tapi apakah karena itu lalu menjadi sulit? Padahal, sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk mempelajari Islam secara kaffah. Kalau sebagian besar khazanah keilmuan Islam dalam wujud bahasa Arab, lalu bagaimana bisa mempelajarinya kalau membacanya saja masih bingung? Masih mending bingung, kalau langsung pingsan, siapa yang bertanggung jawab coba?

Tetapi menjadi wajar kalau kita memperhatikan baik-baik pesan dari Al Faruq, Sayyidina Umar, yang mengatakan “Bersemangatlah dalam mempelajari bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab adalah sebagian dari agamamu”. Nah, betul kan, harus ada kerja keras. Lalu apa alasan kita untuk tidak bersemangat mempelajarinya?

Sekarang bukan saatnya meributkan bahasa Arab adalah bahasa Surga atau tidak. Toh, kalau jerih-payah untuk mempelajarinya membuat kita kecipratan sebagian dari kenikmatan sorga, kenapa tidak? Bukankah surga itu tak akan bisa teraih hanya dengan leha-leha saja tanpa adanya kerja keras yang penuh kesungguhan (mujahadah), alaisa kadzalika? Jadi, tak perlulah kita putus harapan, masih banyak jalan menuju Roma.

Nah, dalam kapasitas inilah, kita mesti bersyukur kepada Allah yang telah mengilhamkan kepada KH Taufiqul Hakim, seorang kiai muda usia, asal Bangsri, Jepara, menyusun metode pembelajaran kitab kuning secara cepat, tepat, dan mengasyikan. Terinspirasi dari metode belajar cepat membaca Al-Quran, yakni ”Qiro’ati, Ia menamakan metodenya tersebut dengan ”Amtsilati”. Jika dengan metode Qiro’ati orang bisa belajar membaca Al-Qur’an dengan cepat, maka dengan Amtsilati orang akan dapat membaca dan memahami kitab ‘gundul’ yang tak berambut itu dengan cepat. Dan karenanya pula kita mesti menjurahkan tangan menghaturkan bergiga terima kasih kepada beliau.

Sekilas Sejarah Metode Amtsilati

Menurut penuturan KH Taufiqul Hakim, metode Amtsilati yang ditemukannya tersebut diperoleh setelah berpayah-payah menjalani laku tirakat yang sangat serius. Ia berkeyakinan bahwa hanya dengan demikian, Allah akan memberikan kemudahan kepadanya. “Mulai tanggal 27 Rajab 2001, saya banyak merenung dan bermujahadah. Dan dalam thoriqoh yang saya anut ada sebuah do’a khusus, yang jika dilakukan secara ikhlas, insyaallah Allah akan memberikan kemudahan dan jalan keluar dari masalah seberat apapun dalam jangka waktu kurang dari 4 hari. Saban hari saya lakukan mujahadah terus-menerus sampai tanggal 17 Ramadhan yang bertepatan dengan Nuzulul Qur’an,” katanya, seperti yang dijelaskan dalam buku kecil tulisannya tentang latar belakang lahirnya “Amtsilati”.

BACA JUGA:  Pondok Pesantren Entrepreneur al-Mawaddah Kudus

Terlepas percaya atau tidak, saat bermujahadah tersebut ia mengaku sekan-akan berjumpa dengan Syekh Muhammad Baha’uddin An-Naqsyabandiyyah, Syekh Ahmad Mutammakin dan Ibnu Malik dalam keadaan antara tidur dan sadar. Sejak saat itu seakan ada dorongan tenaga yang sangat kuat yang menggerakkannya untuk terus menulis dan menulis. Siang dan malam ia melakukannya tanpa sedikitpun mengenal lelah. Sampai akhirnya, ia berhasil secara cemerlang merampungkan tulisannya tersebut. Tepatnya tanggal 27 Ramadlan tahun 2001 masehi. Terhitung hanya sepuluh hari ia menyelesaikan tulisannya tersebut dalam bentuk tulisan tangan biasa.

Lewat tangan-tangan budiman naskah asli tulisan tangan tersebut di repro kembali dalam bentuk tulisan Komputer. Proses komputerisasi itu sendiri mulai dari Khulashoh sampai Amtsilati membutuhkan waktu hampir setahun. Kemudian dicetak sebanyak 300 set. Menindaklanjuti penemuan ini, atas prakarsa Bapak Nur Kholis, salah seorang sahabat KH Taufiqul Hakim, metode Amtsilati di perkenalkan ke hadapan publik melalui bedah buku yang diselenggarakan di gedung Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jepara, tepatnya tanggal 16 juni 2002. Dan sudah jamak terjadi bahwa pengenalan metode Amtsilati ini pun tak lepas dari pro dan kontra.

Namun, justru dari sinilah, titik awal (nuqthotul Ula) metode Amtsilati tersebut mulai dikenal secara luas. Secara perlahan melalui tangan-tangan budiman pula, metode ini merambah Mojokerto. Ada yang mengatakan bahwa KH. Hafidz, pengasuh pondok pesantren “Manba’ul Qur’an”, adalah orang yang berjasa mengenalkan sistem cepat baca kitab kuning Metode Amtsilati ini. Dan atas dukungan tangan dermawan Bapak H. Syauqi Fadli –semoga Allah memberikan keberkahan pada hartanya—Amtsilati dicetak sebanyak 1000 set.

Secara meyakinkan, melalui forum yang diadakan oleh Universitas Darul Ulum (UNDAR) Jombang, amtsilati terus menuai dukungan. Geliat amtsilati lalu terdengar di Jember, Pasuruan, kemudian Pamekasan (Madura). Dan sampai saat ini amtsilati telah tersebar ke pelosok Jawa, bahkan sudah sampai ke luar Jawa, seperti Kalimantan, Batam dan juga luar negeri, seperti Malaysia. Dalam kurun waktu 4 tahun, amtsilati sudah diterbitkan tidak kurang dari 5 juta eksemplar, sebuah hasil yang cukup menakjubkan.

Dulunya, kitab Amtsilati tersebut digandakan dengan mesin foto copy. Setelah dirasa cukup menghasilkan, dari mesin foto copy itu amtsilati naik ke percetakan. Kemudian, dari hasil penjualan yang terus mengalami peningkatan itu digunakan untuk membeli mesin cetak sendiri. Setiap kali cetak berhasil secara ajeg menembus angka 5000 ekslempar. Pegawai percetakan mandiri ini adalah masyarakat sekitar, bahkan banyak diantaranya adalah para ibu rumah tangga. Ya, ini adalah berkah tersendiri dari amtsilati.

BACA JUGA:  Perintah Al Qur'an: Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung

Mengenal Sosok KH Taufiqul Hakim Sang Penemu Metode Amtsilati

KH Taufiqul Hakim lahir 33 tahun silam, di Sidorejo, Bangsri, Jepara, Jawa Tengah. Ia bukanlah keturunan kiai atau bangsawan. Ayah dan ibunya adalah petani biasa. Dari ketujuh saudaranya, hanya ia seorang yang berprofesi sebagai guru. Saat ini ia dikenal sebagai seorang kiai muda yang cukup karismatik di daerahnya. Dalam hidup ini, ada satu hal yang sangat disesalkannya, yakni ia tak dapat mengantarkan jasad ayahnya ke peristirahatan abadinya. Patut disesalkan memang, namun kala itu ia tengah menuntaskan tugas belajar yang tak bisa ditinggalkannya.

Riwayat pendidikan Taufiqul Hakim sendiri cukup mengesankan. Ia adalah alumnus Perguruan Islam Matholiul Falah Kajen, Pati. Ia juga nyantri di Pondok Pesantren Maslakhul Huda Kajen, yang diasuh oleh Rais ‘aam PBNU KH. MA. Sahal Mahfudh. Pada tahun yang sama Ia juga nyantri di Popongan Klaten, belajar Thariqah an-Nagsabandiyah di bawah bimbingan KH. Salman Dahlawi, dan dinyatakan lulus setelah belajar selama 100 hari.

Saat ini, selain sibuk mengajar dan mengisi pelatihan-pelatihan Amtsilati di berbagai kota di Indonesia, Ia juga aktif menulis. Dan kegemaran menulis ini mengalir begitu saja dalam dirinya. Diakuinya, selalu saja ada inspirasi yang menggerakkan jemarinya untuk menari-nari di atas kertas putih, menuliskan apa saja dan dimana saja. Sebagai seorang penulis ia terbilang cukup produktif. Banyak sudah karya yang telah dihasilkannya. Di antaranya adalah Program Pemula Membaca Kitab Kuning: Amtsilati jilid, Qaidati: Rumus dan Qaidah, Shorfiyah: Metode Praktis Memahami Sharaf dan I’lâl, Tatimmah: Praktek Penerapan Rumus 1-2, Khulashah Alfiyah Ibnu Malik, ‘Aqidati: Aqidah Tauhid, Syari’ati, dan masih banyak lagi. Sudah ada sekitar 30 buku hasil karyanya. Dan ia masih terus menulis, sampai saat ini.

Penggunaan nama Darul Falah untuk pesantren yang dipimpinnya ini terinspirasi dari nama Pesantren Matholiul Falah, tempat dimana dulu ia pernah ngangsuh kaweruh. Sebagai warga Negara yang baik, KH Taufiqul Hakim juga telah mendaftarkan Pesantrennya ini kepada seorang pejabat Notaris. Dengan demikian, pesantren ini telah resmi menjadi sebuah lembaga pendidikan dalam naungan hukum positif negeri ini. Jadi, tak perlu was-was kalau pesantren ini adalah lembaga liar yang penuh keraguan dan kontroversi.

Santri Darul Falah dapat digolongkan menjadi dua type, yaitu tetap dan insidental (kilatan). Santri tetap adalah santri yang harus mengikuti semua aturan yang ada dalam program pengajaran Amtsilati, seperti hafalan dan lainnya. Sementara santri insidental (kilatan) tidak diwajibkan untuk banyak hafalan. Masa belajar yang harus ditempuh tentu saja berbeda. Bagi santri insidental (kilatan) waktu belajar berkisar antara satu minggu sampai dua bulan saja. Sedangkan, santri tetap lebih lama lagi. Sekarang, dengan waktu yang relatif singkat, pesantren ini, terhitung dari sejak berdirinya telah membimbing lebih dari 650 santri yang silih berganti datang dari berbagai daerah, baik domestik atau mancanegara.

BACA JUGA:  Kitab Durrotun Nasihin & Kisah Kekuatan Samson

Menakar Mekanisme

Dengan penelaahan mendalam, KH Taufiqul Hakim berhasil menyimpulkan bahwa tidak semua nadzam atau syair dalam kitab Alfiyah yang berisi seribu bait itu, dapat digunakan semuanya dalam praktek membaca kitab kuning (alkitab al ashfar). Ia menyimpulkan bahwa dari 1000 nazham Alfiyah yang terpenting hanya berjumlah sekitar 100 sampai 200 bait saja. Sementara nazham lainnya sekedar penyempurna. Dengan bekal hafalan dan pemahamannya terhadap kitab Alfiyah, ia mulai menyusun metode Amtsilati. Penyusunan tersebut ia mulai dari peletakan dasar-dasarnya kemudian terus berkembang sesuai kebutuhan. Maka jadilah di tangan KH Taufiqul Hakim, nazham Alfiyah menjadi Mi’ah. Luar biasa bukan?

Amtsilati membentuk frame berpikir untuk memahami bahasa Arab. Di dalamnya terdapat rumusan sistematis untuk mengetahui bentuk atau kedudukan kata tertentu. Hal ini dapat dilihat pada rumus utama isim dan fi’il atau tabel. Plus rumus tambahan seperti bayangan dham?r untuk mengetahui jenis atau kata tertentu; penyaringan melalui dzauq (nilai rasa) dan siy?qul kal?m (konteks kalimat).

Dalam prakteknya, amtsilati telah memberikan petunjuk ringkas mengenai kata-kata yang serupa tapi tak sama (homoname, homograph, homophone). Kata-kata yang serupa ini bisa terjadi dari beberapa kemungkinan: fi’il: fi’il m?dhi; fi’il mudh?ri’; fi’il amar; isim fi’il; huruf; dham?r; isyar?h; maush?l; dan lainnya. Semuanya dapat dilihat dalam Tatimmah (buku praktek penerapan rumus). Buku ini termasuk di dalam satu paket lengkap pembelajaran Metode Amtsilati.

Amtsilati adalah metode pembelajaran bahasa Arab yang sangat praktis. Rumus-rumusnya begitu simple dan sistematis. Analisis gramatikal bahasa Arabnya diselesaikan melalui penyaringan dan pentarjihan. Rahasia utamanya terdapat pada dua buku pegangan khusus yang hukumnya wajib dihafal. Dua buku khusus tersebut yaitu “Rumus Qaidati” dan “Khulashah”. Hafalan dua buku khusus ini akan menjadi pengikat ingatan santri dalam memahami gramatikal bahasa Arab pada praktek penerapan rumusnya.

Dengan menekuni metode Amtsilati ini, diharapkan para pemula dapat menguasai bahasa Arab dalam waktu singkat. Sehingga tak perlu berlama-lama nyantrik di pondok sampai bertahun-tahun membiarkan sisa umur berlalu. Dan hal ini bukan cuma isapan jempol belaka. Banyak sudah yang telah membuktikannya. Lalu berlebihankah kalau kita menyebutnya sebagai suatu keajaiban? Kalau bukan keajaiban lalu apa namanya? Wallahu a’lam. Wallahu al-Musta’an wa alaihi at-Takalan.

PERHATIAN :

* Bila anda ingin memesan kitab Metode Amtsilati, anda bisa datang langsung ke Pondok Pesantren Darul Falah yang terletak di desa Sidorejo Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Tepatnya di desa Sidorejo RT 03/12.

* Bagi yang berada di wilayah Jatim, khususnya di wilayah Pasuruan, anda bisa datang ke madrasah diniyah PP Darut Taqwa. Alamatnya, di Jl. Pesantren Ngalah No.16 Sengonagung Purwosari Pasuruan 67162.

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

3 thoughts on “KH Taufiqul Hakim Penemu Metode Amtsilati Asal Jepara”

    1. Untuk Mas Widodo:

      Ini alamat dan No. telpepon yang di Jepara, silahkan pilih no telpon yang berawalan no 0291 kode wil Jepara:

      1,535 1,535 512332001014 PP. Al Maun Sowan Lor Rt 04 Rw 1 0291-7544525 Kedung Jepara
      1,536 1,536 512332001166 PP. Al Mujtahidin Bugel Rt 07 Rw 02 0291-754793 Kedung Jepara
      1,537 1,537 512332001001 PP. Al Musatqin Bugel RT 5 RW2 Kedung Jepara
      1,538 1,538 042332001008 PP. Baitul Muttaqin Surodadi Rt 13 Rw 04 0291-3318173 Kedung Jepara
      1,539 1,539 512332001165 PP. Darussalam JL KH Fauzi No10 081-22850378 Kedung Jepara
      1,540 1,540 512332001074 PP. Hidayatul Muta’alimin Dongos RT1/4 0291754806 Kedung Jepara
      1,541 1,541 042332001024 PP. Mambaul Qur’an Sukosono Rt. 19/Rw. 06 02913319134 Kedung Jepara
      1,542 1,542 042332001027 PP. Mansyaul Huda Bugel Kedung Jepara
      1,543 1,543 512332001162 PP. Nurul Hady Jl Kauman NO 01 Kedung Jepara
      1,544 1,544 512332001167 PP. Nurul Hidayah Sukosono Kedung Jepara
      1,545 1,545 512332001019 PP. Robithoh Islamiyah SURODADI RT 5 RW 2 02913319134 Kedung Jepara
      1,546 1,546 512332001023 PP. Rodlotul Mutaalimat Surodadi Kedung Jepara
      1,547 1,547 512332001079 PP. Roudlotul Qur’an Jondang RT 1 RW 1 081575205423 Kedung Jepara
      1,548 1,548 512332001047 PP. Tamrinul Huda JL Brogo Rejo RT2 RW 1 Kedung Jepara
      1,549 1,549 512332001020 PP. Tarbiyatul Islamiyyah Surodadi Rt 06 Rw 02 081-22534603 Kedung Jepara
      1,550 1,550 512332001003 PP. Tarbiyatul Qur’an Bugel RT 6 RW 2 Kedung Jepara
      1,551 1,551 512332001164 PP. Thoriqul Huda Surodadi Rt 16 Rw 05 Kedung Jepara

      1,552 1,552 512332001012 PP. Az Zulfa Jl KHM Ali Shidiq RT 20 RW 03 08562782895 Pecangaan Jepara

      1,553 1,553 512332002011 PP. Al Hidayah Renggig Jalan Putra Sanur RT 2 085225605321 Pecangaan Jepara

      1,554 1,554 042332002036 PP. Assalafiyah Lebuawu Rt. 09/Rw. 05 Pecangaan Jepara

      1,555 1,555 512332002013 PP. Roudhotul Qur’an Rengging RT 18 RW30 0813 25452477 Pecangaan Jepara

      1,556 1,556 042332003001 PP. Al Anwar Kalipucang Wetan Welahan Jepara

      1,557 1,557 042332003050 PP. Al Falah Darussalam Sidigede Rt. 15/Rw. 03 0291-758389 Welahan Jepara

      1,558 1,558 042332003054 PP. Al Ikhlas Gledogar Rt. 04/Rw. 04 0291688234 Welahan Jepara
      1,559 1,559 042332003055 PP. Hidayatullab Teluk Wetan Rt. 20/Rw. 03 081548074758 Welahan Jepara
      1,560 1,560 512332004008 PP. AN Nur Gleget 081325171949 Mayong Jepara
      1,561 1,561 512332004071 PP. Al Fattah Bomo Mayong Jepara
      1,562 1,562 512332004077 PP. Al Haromain Rajekwesi 02913316072 Mayong Jepara
      1,563 1,563 042332004004 PP. Arro’i Gleget Mayong Lor Rt. 04/09 02914256496 Mayong Jepara
      1,564 1,564 042332004063 PP. Mambaul Ulum Kedungombo Buaran Mayong Jepara
      1,565 1,565 042332004057 PP. Nurul Ishlah Al Anwar Pancur 081 325527439 Mayong Jepara
      1,566 1,566 042332004049 PP. Roudlotussibyan Pancur Sukorejo RT 43 RW 9 Mayong Jepara
      1,567 1,567 042332004058 PP. Roudlotussuada Singkil Rt. 04/02 Mayong Jepara
      1,568 1,568 042332005071 PP. Al Amin Jalan Tahunan Bate Alit KM 03 0291596159 Batealit Jepara
      1,569 1,569 512332005072 PP. Al Amin Ngasem Candi 0291 596490 Batealit Jepara
      1,570 1,570 042332005074 PP. Al Hamidiyah Bawu Bantenan Batealit Jepara
      1,571 1,571 042332005069 PP. Al Mabar Geneng Batealit Jepara
      1,572 1,572 042332005067 PP. Ath Thohiriyyah Komp. MTsN Rt. 27/Rw. 06 0291592989 Batealit Jepara
      1,573 1,573 042332005073 PP. Nurul Amin Bawu Rt. 13/Rw. 03 Batealit Jepara
      1,574 1,574 042332005066 PP. Roudlatul Hikmah Bawu Rt. 34/Rw. 07 0291596900 Batealit Jepara
      1,575 1,575 042332005075 PP. Roudlatul Muta’allimin Bawu Rt 09/02 0291 596921 Batealit Jepara
      1,576 1,576 042332005068 PP. Roudlotuttholibin Bawu Mojo 0291595965 Batealit Jepara
      1,577 1,577 042332006077 PP. Assyafi’iyyah Jl. KH. Wahid Hayim No. 138 0291-591358 Jepara Jepara
      1,578 1,578 512332006002 PP. Darussalam Jl Pemuda No 120 0291593066 Jepara Jepara
      1,579 1,579 042332006075 PP. Darut Tauhid Allawiyah Jl. Pakis Aji No. 66A Jepara 0291591286 Jepara Jepara
      1,580 1,580 042332006076 PP. Fadllurobbirohiem Panggang Pulau Jepara 0291594533 Jepara Jepara
      1,581 1,581 04232007078 PP. Al Huda Wihidayah Bulungan Rt. 01/03 02913307548 Mlonggo Jepara
      1,582 1,582 512332007019 PP. Al Maghfiroh Jalan Pemuda NO 9 PlajanRT 9 R Mlonggo Jepara
      1,583 1,583 042332007002 PP. Aththohiriyyah Suwawal Timur Rt.03/04 02913307046 Mlonggo Jepara
      1,584 1,584 042332007079 PP. Attaqwa Jambu Rt. 03/09 Mlonggo Jepara 08122836608 Mlonggo Jepara
      1,585 1,585 042332007001 PP. Darul Ulum Lebak Rt.02/03 081325738469 Mlonggo Jepara
      1,586 1,586 512332007049 PP. MIftakhul Ulum Mambak RT 1 RW 2 0291593652 Mlonggo Jepara
      1,587 1,587 042332007091 PP. Maftahul Falah Sinanggul Rt. 30/Rw. 06 0291596697 Mlonggo Jepara
      1,588 1,588 042332007093 PP. Miftahul Ulum Rt 02 Rw 01 0291593652 Mlonggo Jepara
      1,589 1,589 512332007071 PP. Nahdlotul Muta’alimin Sinanggul Mlonggo Jepara
      1,590 1,590 512332007077 PP. Nurul HUda Hidayah Sinanggul MLono Jepara 081390398783 Mlonggo Jepara
      1,591 1,591 042332007089 PP. Nurul Huda Suwawal Barat Mlonggo Jepara
      1,592 1,592 042332007088 PP. Roudlotul Muslimin Suwawal Rt. 02/Rw. 5 085225152998 Mlonggo Jepara
      1,593 1,593 042332007090 PP. Roudlotul Qur’an Suwawal Rt. 01/02 Barat 081575472073 Mlonggo Jepara
      1,594 1,594 512332007018 PP. Roudlotus Shibyan Suwawal Mlonggo Jepara
      1,595 1,595 512332008006 PP. AN Nur RT4 Tengguli III Bangsri Jepara
      1,596 1,596 512332008011 PP. Al Fauzziyah JL KH Abd Manan 081 326310210 Bangsri Jepara
      1,597 1,597 042332008094 PP. Al Inayah Guyangan Rt. 02/09 Bangsri Jepara
      1,598 1,598 512332008014 PP. Al Mushafiyah Guyangan RT3 RW6 0813 326277 Bangsri Jepara
      1,599 1,599 512332008016 PP. Darul Fallah DK Sido Rejo RT3 RW3 0291 771852 Bangsri Jepara
      1,600 1,600 512332008010 PP. Darul Istiqomah Wedelan RT2 RW5 0291 3307569 Bangsri Jepara
      1,601 1,601 042332008098 PP. Darul Musyawarah Klumosari 02913306237 Bangsri Jepara
      1,602 1,602 042332008096 PP. Darunnajah Krajan Rt. 02/Rw. 03 0291771955 Bangsri Jepara
      1,603 1,603 042332008061 PP. Darutta’lim Bangsri RT 03 RW 01 0291772093 Bangsri Jepara
      1,604 1,604 512332008005 PP. Mustadl’afin Muhammadiyah Kauman Bangsri Jepara
      1,605 1,605 512332008012 PP. Nurul Ikhlas Kepur RT1 RW6 Bangsri Jepara
      1,606 1,606 512332009010 PP. AR Rahman Kauman RT 14 RW1 0291 579554 Kekling Jepara
      1,607 1,607 042332009006 PP. Ainul Burhan Blingoh Rt. 09/Rw. 03 Kekling Jepara
      1,608 1,608 512332009013 PP. Daarul Khoirot Kelet RT 18/03 081325606293 Kekling Jepara
      1,609 1,609 042332009108 PP. Mansadul Ulum Bandung Harjo Rt.01/04 029157937313 Kekling Jepara
      1,610 1,610 042332009009 PP. Raoudlatut Thalibin Bandung Harjo RT 3 RW 01 Kekling Jepara
      1,611 1,611 042332009003 PP. Roudlotut Ta’lim Keling Rt.03/VI Kekling Jepara
      1,612 1,612 042332012001 PP. Abu Syuja’ Tahunan 0291-591693 Tahunan Jepara
      1,613 1,613 512332012079 PP. Al Anwar Mantingan 02913307491 Tahunan Jepara
      1,614 1,614 042332012004 PP. Al Falah Jl. Raya Jepara Kudus KM. 5 0291593419 Tahunan Jepara
      1,615 1,615 042332012110 PP. Al Hikmah Kecapi 0812-2884640 Tahunan Jepara
      1,616 1,616 042332012015 PP. Al Huda Demangan Tahunan Jepara
      1,617 1,617 512332012083 PP. Al Ikhlas JL Ratu Kalinyamat Tahunan Jepara
      1,618 1,618 512332012075 PP. Al Istiqomah RT 2 RW 1 Tahunan Tahunan Jepara
      1,619 1,619 042332012010 PP. Al Mubarok Kauman Rt. 04/RW. 03 0291593909 Tahunan Jepara
      1,620 1,620 042332012008 PP. Attaufiq Walhidayah Sukodono Kramat Tahunan Jepara
      1,621 1,621 512332012097 PP. Bismillahirrokhmaniriokhim Tahunan RT 1 RW5 0291 593810 Tahunan Jepara
      1,622 1,622 042332012009 PP. Darul Mukminin Randusari RT 5 RW1 0291593275 Tahunan Jepara
      1,623 1,623 042332012003 PP. Darul Ulum Jl. Sunan Mantingan 0291592687 Tahunan Jepara
      1,624 1,624 042332012018 PP. Hudallah Jl Pemuda RT2 RW 1 Tahunan Jepara
      1,625 1,625 512332012004 PP. MIftahu Najjah JL Taman Siswa 0291593018 Tahunan Jepara
      1,626 1,626 512332012071 PP. Majmaul Bahrain Jl Jepaten 0291595491 Tahunan Jepara
      1,627 1,627 042332012013 PP. Matholi’ul Anwar Randusari Rt. 04/Rw. 01 0291595545 Tahunan Jepara
      1,628 1,628 042332012014 PP. Nurul Huda Tegal Sambi Rt. 08/Rw. 02 0291592960 Tahunan Jepara
      1,629 1,629 042332012113 PP. Nurul Huda Mantingan 0291592597 / 59 Tahunan Jepara
      1,630 1,630 042332012007 PP. Nurul Huda Masruhiyyah Sukudono 0291592145 Tahunan Jepara
      1,631 1,631 042332012002 PP. Sirojul Mutaalimin Kecapi Krajan Tahunan Jepara
      1,632 1,632 042332013043 PP. Al A’la Jl. Kauman 2 Rt. 04 /Rw. 03 081326338710 Kalinyamatan Jepara
      1,633 1,633 042332013044 PP. Al Hidayah Jl. Kenari No. 15 Rt. 14/Rw 03 0291754207 Kalinyamatan Jepara
      1,634 1,634 042332013040 PP. Al Ishlah Margoyoso Kalinyamatan Jepara
      1,635 1,635 042332013038 PP. Ammar Nailun Najah Jl. Mbah Shiddiq, Kriyan 0291755349 Kalinyamatan Jepara
      1,636 1,636 042332013047 PP. Baiturrochim Robayan Kalinyamatan Jepara
      1,637 1,637 512332016074 PP. HIdayatul Mubtadin Margoyoso RT1 Rw 1 0291755087 Kalinyamatan Jepara
      1,638 1,638 512332013073 PP. MIftahul Ulum JL Ponpes NO 1 02913334675 Kalinyamatan Jepara
      1,639 1,639 042332013042 PP. Roudlotulhuda Margoyoso 0291755407 Kalinyamatan Jepara

  1. Assaalamualaikum wr.wb.

    Ustaz Admin, methode amtsilati ada tak dikembangkan ke Malaysia. Andai kata saya warga Malaysia ingin mendapatkan buku itu, bolehkah berurusan melalui pos atau bagaimana ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker