Berita Asia

AS – Korsel Sebar Rudal THAAD Acuhkan Protes China

SEOULKorea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) telah bersepakat untuk menyebar sistem pertahan rudal THAAD di Korsel untuk melawan ancaman senjata nuklir Korea Utara (Korut). Kesepakatan ini sekaligus mengabaikan China yang keberatan atas rencana penempatan sistem rudal tersebut.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Korsel dan Departemen Pertahanan AS mengatakan, The Terminal High Altitude Area Defense atau THAAD adalah sistem anti rudal yang akan digunakan hanya sebagai perlindungan terhadap kemampuan rudal nuklir dan balistik Korut.

“Ini adalah keputusan penting. Korut terus mengembangkan rudal balistik dan senjata pemusnah massal membuat aliansi bersikap hati-hati, sistem pertahanan rudal ini diperlukan untuk menyokong tindakan perlindungan,” kata Jenderal Vincent Brooks, Komandan Pasukan AS di Korsel seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (9/7/2016).

BACA JUGA:  Diplomat Cabul Arab Saudi Melarikan Diri dari India

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China mendesak AS untuk menghentikan pengiriman sistem pertahanan udara tersebut. Menurut Negeri Tirai Bambu itu, pengiriman THAAD hanya akan memperburuk situasi yang memanas di kawasan.

“Penyebaran sistem pertahanan udara tidak memiliki manfaat apapun untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea dan secara serius akan membahayakan keamanan negara di kawasan, termasuk China,” kata kementerian itu.

BACA JUGA:  Korea Utara Tuding Korsel Lepas Ular-ular Berbisa di Perbatasan

 

 

acuhkan protes china as korsel sepakat sebar rudal thaad n8W thumb - AS - Korsel Sebar Rudal THAAD Acuhkan Protes China

 

Warga Korea Selatan Protes Penyebaran Sistem Rudal THAAD

 

 Ribuan warga Korea Selatan memprotes penyebaran sistem rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel). Demikian laporan surat kabar Korea Times.
Sedikitnya ada 3.000 warga di Chilgok County, salah satu situs yang kemungkinan akan menjadi lokasi ditempatkannya sistem rudal THAAD, melakukan demonstrasi menolak rencana penempatan sitem rudal tersebut.

“Kami menentang THAAD di wilayah kami. THAAD juga akan membahayakan perekonomian daerah,” kata politisi lokal menyampaikan penolakannya kepada Kepala Daerah setempat, Baek Seon-gi seperti disitir dari Sputnik, Minggu (10/7/2016).

BACA JUGA:  Militer Myanmar Wajib Bertanggung Jawab atas Krisis Rohingya

Korsel dan AS mengumumkan, mereka sepakat untuk menyebarkan sistem rudal THAAD untuk melawan ancaman rudal Korea Utara (Korut). Sistem rudal THAAD dirancang untuk mencegat rudal balistik pendek, menengah dan intermediate.

Setelah pengumuman Korsel dan AS itu, Kementerian Luar Negeri Rusia dan Cina menyatakan bahwa perjanjian untuk menyebarkan sistem rudal THAAD akan memiliki dampak yang sangat negatif pada stabilitas strategis global.  (al/sn)

Tags

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker