Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Arab Saudi

Arab Saudi Kepung Kota Qatif Pasca Eksekusi Sheikh Nimr Al-Nimr

Situasi Memanas di kota Qatif Pasca Eksekusi Sheikh Nimr al-Nimr. Arab Saudi telah mengeksekusi 47 orang pada hari Sabtu atas tuduhan terorisme, termasuk Sheikh Nimr al-Nimr.

 

Islam-Institute, RIYADH – Masyarakat di provinsi Timur Arab Saudi tumpah ruah ke jalan-jalan di kota Qatif pada hari Sabtu (2/1/16) kemarin sebagai reaksi atas eksekusi seorang ulama Syiah ternama, Sheikh Nimr al-Nimr oleh kerajaan Arab Saudi. Pemerintah Riyadh mengirim sejumlah pasukan militer ke wilayah itu  dengan dalih untuk mencegah kemungkinan pemberontakan.

Panggilan untuk aksi protes rakyat di kota Qatif, kota kelahiran Sheikh Nimr al-Nimr, melonjak di halaman media sosial setelah Riyadh mengumumkan eksekusi pemimpin ulama Syiah tersebut.

Halaman Twitter al-Qatif Mobasher yang mencakup perkembangan di Qatif dan secara luas diikuti di bagian Timur Arab Saudi mengeluarkan seruan publik agar melakukan pemberontakan rakyat di kota bagian Timur tersebut setelah eksekusi benar-benar dilakukan pihak kerajaan.

BACA JUGA:  Pengungsi Suriah dan Pudarnya Kemanusiaan Negara Arab

Pemerintah Riyadh telah mengirimkan sejumlah besar kendaraan lapis baja ke Qatif untuk menekan aksi protes dan kemarahan masyarakat Qatif atas eksekusi Sheikh Nimr al-Nimr.

“Rezim Saudi takut akan terjadinya pemberontakan rakyat besar-besaran, khususnya di daerah-daerah dengan mayoritas penduduk Syiah di Timur Arab Saudi setelah eksekusi Sheikh Nimr, karenanya kerajaan telah mengirimkan ratusan kendaraan lapis baja ke provinsi tersebut,” situs berita al-Ahd yang berbahasa Arab melaporkan.

Pada hari Sabtu Arab Saudi mengumumkan eksekusi terhadap ulama Syiah terkenal Sheikh Nimr al-Nimr.

Arab Saudi telah mengeksekusi 47 orang pada hari Sabtu atas tuduhan terorisme, termasuk Sheikh Nimr al-Nimr. Kementerian Dalam Negeri Arab saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan. Kebanyakan dari mereka yang dieksekusi dikatakan terlibat dalam serangkaian serangan yang dilakukan oleh Al-Qaeda antara 2003 dan 2006. 45 dari mereka yang dieksekusi adalah kebangsaan Saudi, satu dari Chad, dan satu Mesir.

BACA JUGA:  Syaikh Syuraim Tweet Soal Kenaikan Harga di Saudi

 

 

Riyadh mengerahkan pasukan dan kendaraan lapis baja ke kota Qatif 

Sebuah laporan Press TV menyatakan bahwa saat ini, Sabtu (2/1), pemerintah Riyadh tengah mengerahkan sejumlah pasukan dan kendaraan lapis baja ke kota Qatif di provinsi Timur kerajaan Saudi, menyusul eksekusi yang dilaksanakan terhadap ulama asal kota Qatif, Sheikh Nimr al-Nimr.

Keputusan eksekusi Sheikh Nimr al-Nimr sendiri membuat terkejut pihak-pihak terdekat beliau terutama keluarga. Saudara Sheikh Nimr, Mohammad, mengutuk keputusan Riyadh tersebut dan menyebut eksekusi ini adalah sebuah respon negatif atas tuntutan demokrasi yang diajukan sang ulama.

Selanjutnya ia mengungkapkan harapan bahwa reaksi yang akan timbul atas kematian Sheikh Nimr akan berupa reaksi damai dan tidak ada lagi pertumpahan darah.

BACA JUGA:  Ulama Saudi Sebut Wanita Berotak Seperempat

“Sheikh Nimr mempunyai kedudukan tinggi di masyarakat dan di dalam masyarakat Muslim pada umumnya, tidak diragukan lagi bahwa pasti akan ada reaksi,” ungkap Mohammed al-Nimr kepada Reuters, menambahkan, “Kami berharap bahwa reaksi apapun akan terbatas pada kerangka damai … sudah cukup dengan pertumpahan darah. ”

Bagaimanapun juga, daftar mereka yang dieksekusi pada hari Sabtu ini, tidak termasuk Ali Mohammed Baqir al-Nimr, keponakan Sheikh al-Nimr al-Nimr yang juga telah dijatuhi hukuman mati atas tindakannya turut serta dalam demonstrasi damai anti-rezim di tahun 2012, saat ia masih berusia 17 tahun.

Banyak Negara dan badan HAM telah menyeru Saudi untuk menghentikan eksekusi Ali Mohammed Nimr. (AL/ARN)

 

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker