Berita Indonesia

Aparat Keamanan Korea Selatan Tangkap 3 TKI Terkait ISIS

Nusron Wahid - Aparat Keamanan Korea Selatan Tangkap 3 TKI Terkait ISIS

Islam-Institute, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengatakan tiga TKI ditangkap aparat keamanan Korea Selatan. “Ada tiga TKI kita yang di Korsel hari ini ditangkap oleh aparat keamanan dan dituduh masuk jaringan teroris ISIS,” kata Nusron usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres di Jakarta, Jumat (15/1) seperti dilansir Antara.

BACA JUGA:  Rusia Pertanyakan Rencana AS Gelar Operasi Darat Di Suriah

Dengan adanya penangkapan TKI tersebut menurut Nusron menjadi peringatan bagi BNP2TKI untuk memantau lebih jauh kegiatan TKI di luar negeri.

“Memang penetrasi yang dilakukan kelompok ini sangat efektif dan agresif sehingga kita akan buat gerakan deradikalisasi,” tambah dia.

Gerakan deradikalisasi tersebut berupa pemahamam keagamaan insklusif dan penyemaian desiminasi program-program agama yang sifatnya moderat sesuai dengan keindonesiaan ke kalangan TKI terutama di kawasan Timur Tengah dan Asia Pasifik.

BACA JUGA:  ISIS Gunakan Kontrasepsi Agar Budak Seks Tidak Hamil

Lebih lanjut dia mengatakan, sejak 2012 sudah tidak ada lagi TKI yang dikirim ke Suriah tapi fakta menunjukkan bahwa masih ada Warga Negara Indonesia yang berada di sana.

“Tidak dipungkiri ada satu, dua yang kebetulan bekerja kepada majikannya yang ikut atau jadi simpatisan ataupun aktivis ISIS, kemudian mereka menjadi ikut kelompok itu tidak terpungkiri. Tapi kalau jumlahnya kita belum bisa identifikasi,” ujar Nusron.

BACA JUGA:  Diprotes Keras, Pemerintah Batal Blokir Situs Islam Radikal

Lebih lanjut dia mengatakan, BNP2TKI akan mengidentifikasi karena biasanya semua TKI yang masuk deportasi dari Suriah melalui Libanon begitu sampai ke Indonesia langsung diwawancara dahulu.

“Setelah itu ada program pelatihan kepada mereka dan di tengah-tengah pelatihan itulah kita juga mengidentifikasikan dari cara berpakaian, pandanganan keagamaan, kenegaraan,” katanya.  (Al/Sfa/AB)

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker