Uncategorized

Algojo ISIS Penggal 21 Orang Mesir, Presiden Mesir Balas Menyerang

Algojo ISIS yang Sadis Penggal Kepala 21 Orang Mesir di Pantai Libya

Mesir – Ulah kelompok yang menamakan diri Islamic State (IS) atau Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) semakin sadis. Setelah mengunggah video tahanan pilot Jordania Letnan Maaz al-Kassasbeh yang dibakar hidup-hidup, Minggu (15/2) kelomopok ISIS kembali meng-upload video yang tidak kalah sadis.

Sebanyak 21 orang warga Mesir dipenggal kepalanya bersamaan di tepi pantai Libya. Karena berang, Mesir langsung menyerang basis ISIS di Libya sebagai balasan.

Tawanan digiring di tepi pantai Libya sebelum dipenggal. Foto: nydailynews

 

Presiden Mesir El-Sisi Mengumumkan Negara Mesir Berkabung Tujuh Hari untuk Seluruh Korban

Video yang membuat pemerintah Mesir berang itu diunggah di website resmi media propaganda ISIS, Al-Hayat. Sebanyak 21 warga Kristen Koptik Mesir digiring di tepi pantai dengan kondisi tangan terborgol.

Masing-masing menggunakan baju tahanan oranye seperti biasanya. Beberapa saat kemudian, mereka disuruh berlutut dan dipenggal bersamaan.

Para korban itu ditangkap ISIS pada Desember tahun lalu dan Januari tahun ini. Mereka diculik saat bekerja di Sirte, Libya. Sebagian kota tersebut memang dikuasai militan ISIS.

“Laut yang kalian pakai untuk menyembunyikan jasad Syekh Osama bin Laden, kami bersumpah akan mencampurnya dengan darahmu,” ungkap salah seorang algojo di video yang berdurasi lima menit tersebut.

Tidak butuh waktu lama bagi presiden Mesir el-Sisi untuk bereaksi atas kebiadaban ISIS. Dia langsung menggelar rapat dadakan untuk merespons. Pemerintah Mesir juga berkoordinasi dengan pemerintah Libya agar mereka diizinkan menyerang.

Presiden Mesir El-Sisi dan Harga Diri Bangsa Mesir

Presiden Mesir el-Sisi tidak hanya memiliki semangat untuk melindungi warganya, namun ini juga masalah harga diri dan kepercayaan publik bahwa dirinya mampu menjaga keamanan Mesir. Saat dia masih menjabat pimpinan militer dan menggulingkan Presiden Mohamed Mursi pada 2013, Paus Kristen Koptik adalah salah seorang tokoh yang mendukungnya.

banner 2 2 - Algojo ISIS Penggal 21 Orang Mesir, Presiden Mesir Balas Menyerang

Saat fajar kemarin (16/2), pasukan militer Mesir langsung menyerang di wilayah timur Libya. Setidaknya, delapan serangan udara dilakukan di Kota Derna, Libya. Kota tersebut selama ini memang dikuasai kelompok militan yang mendeklarasikan diri sebagai anggota ISIS di Libya.

Serangan udara dilakukan di kamp-kamp militer ISIS, lokasi pelatihan, dan area penyimpanan senjata. Pasukan bersenjata Libya juga ikut berpartisipasi dalam serangan tersebut.

“Ada korban jiwa dari pihak ISIS serta kerusakan pusat komunikasi dan stok amunisi mereka,” ujar Komandan Angkatan Udara Libya Saqer al-Joroushi. Dia menambahkan, ada 40-50 militan yang tewas. Saqer menegaskan, serangan lanjutan dilakukan hari ini.

Pemerintah Mesir juga mendesak pasukan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) untuk melebarkan serangannya terhadap ISIS hingga ke Libya. Sebab, saat ini kelompok militan di sana kian subur.

Mayoritas mendeklarasikan diri sebagai bagian dari ISIS. Militan ISIS Libya itu bahkan mengaku bertanggung jawab terhadap pengeboman di Hotel Corinthia, Tripoli, beberapa waktu lalu. Serangan tersebut menewaskan sepuluh orang. Salah satunya adalah warga AS.

 

Sangat mungkin ISIS di Libya itu akan menyebar ke Mesir. Sebab, Mesir dan Libya berbagi perbatasan yang cukup luas. Untuk mencegah hal tersebut, Mesir juga berencana meningkatkan perangkat militer mereka.

Yaitu, dengan memesan 24 pesawat jet tempur Rafale dan beberapa peralatan tempur lainnya pada Prancis. Pemesanan itu mencapai USD 5,7 miliar (setara Rp 72,53 miliar).

Secara terpisah, berbagai pihak mengecam tindakan ISIS tersebut. Salah satunya adalah Paus Fransiskus.

“Mereka dibunuh hanya karena fakta bahwa mereka adalah warga kristiani. Tidak ada bedanya apakah mereka Katolik, ortodok, koptik, atau protestan. Mereka semua Kristen,” ujar Paus Fransiskus. (al/AFP/Reuters/CNN/BBC/sha/c23/a mi)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker