Berita Rusia

Ada Rudal S-400 di Suriah, Turki Jangan Langgar Udara Suriah

Vladimir Putin ingatkan Turki, Rusia punya rudal S-400 di Suriah, Turki jangan langgar wilayah udara Suriah. Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengisyaratkan peran Turki dalam penyelundupan minyak curian ISIS di Suriah.

 

Islam-Institute, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin menjelaskan bahwa langkah yang diambil Turki dengan menembak jatuh pesawat tempur Rusia sebagai bentuk permusuhan terhadap Rusia. Oleh karena itu, Putin juga memperingatkan Turki untuk tidak melanggar wilayah udara Suriah demi keselamatan Turki sendiri.

BACA :  Rencana Arab Saudi Serang Damaskus Digagalkan Rusia

Saat konferensi pers tahunan, Kamis (17/12/15), Vladimir Putin mengkritik Turki yang tidak menghubungi Moskow setelah menembak jatuh Jet tempur “Su -24”, tapi malah mencari perlindungan kepada NATO. Putin mengatakan tindakan Turki terhadap jet tempur Rusia menempatkan para sekutunya dalam posisi sulit di hadapan Rusia.

banner gif 160 600 b - Ada Rudal S-400 di Suriah, Turki Jangan Langgar Udara Suriah

Pada kesempatan itu, Vladimir Putin kembali menyampaikan peringatan kepada Turki untuk tidak melanggar wilayah udara Suriah, karena Rusia terus meningkatkan kekuatan militernya di Suriah dengan menempatkan sistem puluru kendali, rudal S-400.

BACA :  Video Jet Tempur Rusia Hancurkan Pos Komando ISIS

Vladimir Putin juga menambahkan bahwa pada saat sebelum dijatuhkannya jet tempur Su -24, Rusia siap untuk berdialog dengan Turki terkait beberapa masalah yang cukup sensitif. Putin mengatakan : “Saat kami siap menjalin hubungan kerjasama, mereka justru menusuk kami dari belakang, maka kami tidak lagi melihat adanya prospek untuk normalisasi hubungan dengan pemerintah Turki.”

BACA :  Rusia Perkuat Militernya, Membentuk Empat Divisi Militer Baru

Presiden Rusia juga mengisyaratkan peran vital Turki dalam penyelundupan minyak curian ISIS, dan menambahkan bahwa ISIS melalui jalur Kurdistan Irak, menyelundupkan minyaknya ke Turki, dan inilah salah satu sumber pendapatan ISIS.

Dalam kesempatan itu, terkait pembicaraan nasib ke depan Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa hanya rakyat Suriah yang berhak menentukan nasib Bashar al-Assad. (AL/ARN)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker