Berita AsiaBerita Terkini

70 Tahun Tragedi Nagasaki, Jepang Ingin Lenyapkan Senjata Nuklir

Peringatan 70 Tahun Tragedi Nagasaki, Tragedi Bom Terdahsyat di Muka Bumi

Islam-institute.com, NAGASAKI – Pemerintah kota Nagaski, Jepang dilaporkan tengah mempersiapkan diri untuk melakukan peringatan 70 tahun salah satu tragedi terbesar dalam sejarah umat manusia. Kota tersebut akan memperingati tragedi penjatuhan bom atom yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) pada Perang Dunia II lalu.

Melansir Itar-tass pada Minggu (9/8/2015), peringatan tersebut akan digelar di taman perdamaian di Nagasaki pada pukul 11 siang ini (waktu setempat). Pukul 11, atau pukul 11.02 dipilih, karena pada saat inilah bomber AS menjatuhkan bom atom yang meluluhlantahkan Nagasaki.

 

jepang peringati 70 tahun tragedi nagasaki yr8 - 70 Tahun Tragedi Nagasaki, Jepang Ingin Lenyapkan Senjata Nuklir
Pemerintah kota Nagaski, Jepang dilaporkan tengah mempersiapkan diri untuk melakukan peringatan 70 tahun salah satu tragedi terbesar dalam sejarah umat manusia. (Itar-tass)

 

Peringatan ini akan diwali oleh aksi mengheningkan cipta selama satu menit, yang dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi damai yang akan dibacakan oleh Wakilota Nagaski, Tomihisa Taue. Salah satu dari butir deklarasi damai itu adalah dunia bebas dari senjata nuklir.

BACA :  Korea Utara Ancam Hancurkan Seoul dan Pangkalan AS

Pemerintah kota Nagasaki mengatakan perwakilan dari 80 negara akan menghadiri acara peringatan tahun ini. Gottemoeller, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Pengendalian Senjata dan Keamanan Internasional dan Duta Besar AS untu Jepang Caroline Kennedy akan mewakili AS dalam peringatan ini.

Sementara itu, selain AS, Prancis, Rusia hingga Iran juga dipastikan akan mengirimkan pewakilan mereka dalam peringatan tragedi yang memakan ribuan korban jiwa tersebut. Nagasaki sendiri merupakan kota kedua di Jepang yang dihantam bom atom, setelah Hiroshima.
(esn)

Tragedi Nagasaki Renggut 74.000 Nyawa, di Hiroshima 140.000 Orang Tewas

Lonceng-lonceng dibunyikan dan puluhan ribu orang, termasuk orang-orang yang selamat beserta keluarga para korban, mengheningkan cipta pukul 11.02 waktu setempat – persis saat ledakan terjadi yang menghancurkan kota pelabuhan itu pada 9 Agustus 1945.

banner gif 160 600 b - 70 Tahun Tragedi Nagasaki, Jepang Ingin Lenyapkan Senjata Nuklir

Di kota Tokyo, Jepang hari ini memperingati 70 tahun pengeboman atom di Nagasaki yang merenggut 74.000 nyawa dan sebagian besar meninggal seketika, pada bagian akhir Perang Dunia II.

BACA :  Keinginan India untuk Gabung dengan Klub Nuklir Ditolak China

Perdana Menteri Shinzo Abe meletakkan karangan bunga di tengah wakil-wakil 75 negara, termasuk Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang, Caroline Kennedy.

“Sebagai negara satu-satunya yang ditimpa serangan bom atom dalam perang itu, saya memperbarui tekad kami dalam memimpin upaya global penghapusan senjata nuklir, untuk menciptakan dunia tanpa senjata,” kata Abe.

Abe juga mengatakan negaranya akan selalu mematuhi prinsip-prinsip tanpa nuklir yang selama ini dipegang teguh, yaitu tidak memproduksi, memiliki atau membiarkan senjata nuklir berada di wilayah Jepang.

Dalam upacara sama di Hiroshima, Abe dikritik karena tidak menyebutkan ketiga prinsip itu sehingga membuat khawatir para korban yang selamat dari pengeboman, terutama saat pemimpin nasionalis itu berupaya meloloskan RUU peluasan peran militer.

Wali Kota Nagasaki Tomihisa Taue terang-terangan mengkritik RUU itu saat berpidato.
“Kekhawatiran dan ketegangan yang saat ini menyelimuti kita adalah janji yang dibuat 70 tahun lalu dan prinsip untuk (menjaga) perdamaian dalam undang-udang Jepang saat ini mungkin tidak diindahkan,” katanya, disambut dengan tepuk tangan riuh.

BACA :  Sunni - Syiah Shalat Jum'at dalam Satu Masjid di Azerbaijan

Abe dikritik karena berusa meningkatkan peranan Pasukan Bela Diri yang membuka pintu bagi dikerahkannya pasukan ke garis tempur untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia Kedua.

Sekitar 74.000 orang tewas di Nagasaki akibat bom atom yang dijatuhkan tiga hari setelah pesawat pembom Amerika B-29 Enola Gay menjatuhkan bom atom “Little Boy” ke Hiroshima. Itu adalah pertama kali dalam sejarah bom atom dijatuhkan.

Di Hiroshima, 140.000 orang tewas, termasuk yang meninggal kemudian karena sakit akibat radiasi.

Pada upacara di Hiroshima, Kamis, Abe mengatakan Jepang akan menyampaikan resolusi baru ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melenyapkan senjata nuklir.

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker